OPTIMALISASI FORMULASI TEPUNG TERIGU, TEPUNG PARE, DAN TEPUNG DAUN MURBEI DALAM KARAKTERISTIK MI KERING MENGGUNAKAN APLIKASI DESIGN EXPERT METODE D-OPTIMAL

SISKA REZKYWIANTI, 123020198 and Yusman Taufik, DS and Ina Siti Nurminabari, Ds (2017) OPTIMALISASI FORMULASI TEPUNG TERIGU, TEPUNG PARE, DAN TEPUNG DAUN MURBEI DALAM KARAKTERISTIK MI KERING MENGGUNAKAN APLIKASI DESIGN EXPERT METODE D-OPTIMAL. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I PENDAHULUAN.pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formulasi optimal produk mi kering daun Black mulberry menggunakan Aplikasi Design Expert metode Mixture Design D-Optimal. Penelitian ini dilakukan dua tahap yaitu, prosedur penelitian tahap pendahuluan adalah untuk mengetahui kadar aktivitas antioksidan, kadar klorofil, dan kadar tanin yang terdapat dalam daun black mulberry, tepung daun black mulberry, buah pare, dan tepung buah pare dan penelitian utama yaitu untuk mengetahui formulasi terbaik menggunakan Design Expert metode Mixture Design D-optimal dengan tujuan untuk optimasi produk Mi kering daun Black mulberry. Tanggapan dalam penelitian ini adalah respon kimia dalam bentuk analisis serat kasar, dan protein. Respon fisik yaitu daya serap air. Respon sensorik yaitu warna, rasa, dan aroma. Mi kering daun black mulberry ini terbuat dari Tepung terigu, tepung daun black mulberry,dan tepung buah pare, bahan lainnya seperti telur, air, garam, dan Natrium bikarbonat, dari 16 formulasi yang ditawarkan untuk memperoleh satu formulasi yang optimal berdasarkan nilai keinginan (desirability) adalah Tepung terigu sebesar 39,69%, Tepung Daun Black Mulberry sebesar 14,25%, dan Tepung buah Pare sebesar 3,06%, dan bahan lainnya yang merupakan variabel tetap adalah air 30%, telur 10%, garam 2%, dan Natrium bikarbonat 1%. Formulasi tersebut telah diprediksikan oleh program dengan kadar serat kasar sebesar 11,05%, kadar protein sebesar 12,93%, daya serap air sebesar 274,31%, nilai respon organoleptik terhadap warna 4,31, nilai organoleptik terhadap rasa 3,87, dan nilai organoleptik terhadap aroma 3,71. Kata kunci: Mi kering daun Black mulberry, optimasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 16 Jan 2017 11:23
Last Modified: 18 Mar 2021 05:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14545

Actions (login required)

View Item View Item