Pengukuran Tingkat Usability Aplikasi Data Penyelidikan Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Pusat Sumber Daya Mineral batubara dan Panas Bumi)

AYU DERA RAHAYU, 123040119 and Caca Emile Supriana, DS and ASEP SOMANTRI, DS (2017) Pengukuran Tingkat Usability Aplikasi Data Penyelidikan Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Pusat Sumber Daya Mineral batubara dan Panas Bumi). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak_123040119.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_123040119.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_dll_123040119.pdf

Download (502kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas bumi merupakan unit dari Badan Geologi, yang berfungsi untuk memberikan data dan informasi Potensi Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas bumi Indonesia kepada masyarakat. Aplikasi Data Penyelidikan merupakan aplikasi yang dibuat untuk memberikan informasi kepada masyrakat mengenai penyelidikan yang penah dilakukan. Aplikasi ini merupakan aplikasi sistem berbasis web yang terpadu antara data tekstual dan spasial. Sebuah aplikasi harus memiliki usability yang baik. Usability mengacu kepada bagaimana pengguna bisa mempelajari dan menggunakan produk untuk memperoleh tujuannya. Untuk menilai tingkatan usability pada aplikasi Data Penyelidikan, dapat diukur dengan melakukan analisis dengan menggunakan kriteria dari konsep ISO 98 dan pengukuran menggunakan USE Questionnaire yang terdiri dari empat dimensi usability, yaitu usefulness, ease of use, ease of learning serta satisfaction. Hasil dari pengukuran usability menggunakan metode USE Questionnaire yaitu tingkat usability aplikasi Data penyelidikaan. Hasil tersebut dapat dijadikan sebagai evaluasi apabila akan dilakukan pengembangan pada aplikasi tersebut. Kata kunci: Sistem Informasi, Pengukuran, Usability, Aplikasi Data Penyelidikan, USE Questiosnnaire, ISO.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 16 Jan 2017 11:11
Last Modified: 16 Jan 2017 11:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14541

Actions (login required)

View Item View Item