PENGARUH EKSTRAK DAUN SIRIH HIJAU (Piper betle lin) TERHADAP KUALITAS DAGING SAPI DENGAN VARIASI KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN YANG BERBEDA

WISHNU ADHIYANA, 123020414 and Yudi Garnida, DS and Hasnelly, DS (2017) PENGARUH EKSTRAK DAUN SIRIH HIJAU (Piper betle lin) TERHADAP KUALITAS DAGING SAPI DENGAN VARIASI KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN YANG BERBEDA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover TA Wishnu.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wishnu Bab I.pdf

Download (724kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi ekstrak daun sirih sebagai antibakteri dan pengaruh terhadap kualitas daging sapi tersebut. Untuk mempelajari pengaruh konsentrasi ekstrak daun sirih dan pengaruh lama perendaman terhadap mutu daging sapi segar dan dapat memberikan alternatif pengawet alami yang dapat dipakai untuk mengawetkan komoditi daging sapi dan dapat diaplikasikan kepada masyarakat. Metode penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah untuk menentukan banyaknya ekstraksi yang akan digunakan pada penelitian utama menggunakan analisis total mikroba dan uji hedonik. Rancangan perlakuan terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor S (konsentrasi ekstrak daun sirih) dan faktor L (lama perendaman). Rancangan respon terdiri dari respon mikrobiologi yaitu kandungan total mikroba tekstur, respon kimia yaitu penentuan kadar air dan kadar pH, respon organoleptik terhadap tekstur, aroma, warna, rasa direbus dan rasa digoreng. Hasil penelitian yang didapat bahwa konsentrasi daun sirih berpengaruh pada semua respon kecuali pada warna. Lama perendaman berpengaruh pada total mikroba, tekstur, aroma dan rasa. Interaksi antara antara konsentrasi daun sirih dan lama perendaman berpengaruh terhadap total mikroba, kadar air, pH dan aroma. Perlakuan terbaik yaitu perlakuan s1l1 dengan konsentrasi ekstrak daun sirih 5% dan lama perendaman 30 menit dengan jumlah mikroba total 2.07 x 104 cfu/g, kadar air 65,15 % dan pH 5,50.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 16 Jan 2017 11:00
Last Modified: 08 Mar 2022 02:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14538

Actions (login required)

View Item View Item