PENGARUH INVESTASI, TENAGA KERJA DAN INFRASTRUKTUR LISTRIK TERHADAP PRODUKSI SEKTOR KONSTRUKSI ANTAR PROVINSI DI PULAU JAWA TAHUN 2009-2014

Dewi Anggraeni, 114030030 (2016) PENGARUH INVESTASI, TENAGA KERJA DAN INFRASTRUKTUR LISTRIK TERHADAP PRODUKSI SEKTOR KONSTRUKSI ANTAR PROVINSI DI PULAU JAWA TAHUN 2009-2014. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (903kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sektor konstruksi dinilai sebagai industri yang mampu menampung tenaga kerja dalam jumlah besar dan termasuk kontributor penting bagi proses pembangunan infrastruktur. Produksi sektor konstruksi antar provinsi di Pulau Jawa tahun 2009-2014 selalu mengalami peningkatan meskipun peningkatannya tidak merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan secara simultan variabel investasi, tenaga kerja dan infrastruktur listrik terhadap produksi sektor konstruksi antar provinsi di Pulau Jawa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder sebanyak 6 provinsi di Pulau Jawa (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I.Yogyakarta, Jawa Timur dan Banten) periode tahun 2009-2014. Dalam penelitian ini dilakukan analisis regresi panel data yang merujuk pada model fungsi produksi Cobb-Douglas dengan menggunakan persamaan regresi pendekatan fixed effect dan menggunakan alat bantu perangkat lunak eviews 6. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial investasi memiliki hubungan positif dan tidak signifikan terhadap produksi sektor konstruksi, variabel tenaga kerja dan infrastruktur listrik memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap produksi sektor konstruksi. Sedangkan secara simultan variabel investasi, tenaga kerja dan infrastruktur listrik berpengaruh signifikan terhadap produksi sektor konstruksi. Koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa variabel bebas yang diteliti mampu menjelaskan 99,54 persen terhadap produksi sektor konstruksi dan sisanya sebesar 0,46 persen dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata Kunci : Produk Domestik Regional Bruto sektor konstruksi, investasi, tenaga kerja, infrastruktur listrik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2011
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 16 Jan 2017 03:51
Last Modified: 16 Jan 2017 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14504

Actions (login required)

View Item View Item