RANCANGAN MODEL EVALUASI IMPLEMENTASI STANDAR MUTU PENDIDIKAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP ( Context,Input, Procces, Product ) ( Study Kasus Di SMK Negeri 1 Kota Cimahi )

ASEP SUPRIATNA, NPM. 108232052 (2013) RANCANGAN MODEL EVALUASI IMPLEMENTASI STANDAR MUTU PENDIDIKAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP ( Context,Input, Procces, Product ) ( Study Kasus Di SMK Negeri 1 Kota Cimahi ). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
00000.COVER print oks.docx

Download (31kB)
[img] Text
00.Abstrak oks.docx

Download (17kB)
[img] Text
06.DAFTAR PUSTAKA print oks 155 - 161-OKS.docx

Download (19kB)
[img] Text
01.BAB I print oks 1-14 OKS.docx

Download (33kB)
[img] Text
02.Bab II print oks 14-63 OKS.docx

Download (120kB)

Abstract

Mutu dalam bahasa asingnya qualtiy juga diterjemahkan sebagai kualitas adalah pengukuran baik buruk suatu benda, kadar, taraf atau derajat berupa; kepandaian, kecerdasan,kecakapan, dan sebagainya ( Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2000). Standar Mutu Pendidikan di Indonesia ditetapkan dalam suatu Standarisasi Nasional dan dikenal dengan Standar Nasional Pendidikan. Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 1 ayat (1) memberikan pengertian bahwa Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan. Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2009 telah menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 63 tentang “Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan” (SPMP) untuk terciptanya satu sistem penjaminan mutu pendidikan yang sekaligus juga akan menjadi dasar pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan sehingga akan tercipta “budaya” peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan. Penelitian ini berangkat dari fenomena dan fakta masih banyak sekolah belum adanya rancangan model evaluasi yang ideal sesuai dengan topologi institusinya, untuk mendapatkan data secara jelas menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif tentang evaluasi implementasi standar mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Cimahi. Selanjutnya, hasil rancangan model evaluasi ini dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan prestasi dan keunggulan SMK Negeri 1 Kota Cimahi, karena didalamnya terdapat kebijakan-kebijakan strategi pengembangan mutu pendidikan di sekolah yang dapat dijadikan pedoman dan acuan dalam mengelola organisasi sekolah menjadi sekolah yang unggul dan berprestasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMK Negeri 1 Kota Cimahi belum memiliki model evaluasi Implementasi Standar Mutu Pendidikan, walaupun beberapa program implementasi standar mutu pendidikan telah dilakukan melalui model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam. Dalam pelaksanaannya lebih banyak digunakan oleh para evaluator, hal ini dikarenakan model evaluasi ini lebih komprehensif jika dibandingkan dengan model evaluasi lainnya. Kata Kunci : Evaluasi Program,Model CIPP, Standar Mutu Pendidikan, Manajemen Strategis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2013
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 12 Mar 2016 06:24
Last Modified: 12 Mar 2016 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item