PENGARUH BAGIAN BAHAN DAN METODE PRA PENEPUNGAN TERHADAP KADAR KURKUMINOID PADA TEPUNG KUNYIT (Curcumae domestica Vahl) DENGAN METODE UPLC (Ultra High Perfomance Liquid Chromatography)

LIZA AMALIA PUSPA, 123020388 and Yusep Ikrawan, DS and Nana Sutisna Achyadi, Ds (2017) PENGARUH BAGIAN BAHAN DAN METODE PRA PENEPUNGAN TERHADAP KADAR KURKUMINOID PADA TEPUNG KUNYIT (Curcumae domestica Vahl) DENGAN METODE UPLC (Ultra High Perfomance Liquid Chromatography). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI LIZA AMALIA PUSPA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bagian bahan dan metode pra penepungan terhadap kadar kurkuminoid pada tepung kunyit (Curcumae domestica Vahl) dengan metode UPLC (Ultra Performance Liquid Chromatography) yang memiliki sifat fungsional. Metode rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian pembuatan tepung kunyit adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 (dua) faktor. Faktor pertama terdiri dari bagian bahan kunyit yaitu umbi induk dan rimpang serta metode pra penepungan sebagai faktor kedua yaitu diparut, diblender, dan diblender kemudian diperas. Respon yang dilakukan terhadap tepung kunyit ini adalah penentuan kadar kurkuminoid (kurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin), serta penetuan kadar air sebagai respon kontrol terhadap kualitas. Hasil penelitian yang didapat bahwa bagian bahan dan metode pra penepungan berpengaruh terhadap kadar kurkuminoid serta kadar air sebagai respon kontrol. Produk terbaik yang diperoleh yaitu pada perlakuan a1b3 (diblender dan diperas) dengan nilai kadar kurkumin 6,16 %, desmetoksikurkumin 4,95 % dan bisdesmetoksikurkumin 2,21 % atau memiliki kadar kurkuminoid total sebesar 13,32 % serta memiliki kadar air sebesar 9,16 %. Kata Kunci: Bagian kunyit, Curcumae domestica, Kurkuminoid, Kadar air, Metode pra penepungan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 14 Jan 2017 20:18
Last Modified: 14 Jan 2017 20:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14492

Actions (login required)

View Item View Item