PENGARUH PENERAPAN PSAK NO. 109 TENTANG STANDAR AKUNTANSI ZAKAT TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT (Survey pada 4 Badan Amil Zakat Nasional di Provinsi Jawa Barat)

ANNISA LATIFAH, 124020127 (2016) PENGARUH PENERAPAN PSAK NO. 109 TENTANG STANDAR AKUNTANSI ZAKAT TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT (Survey pada 4 Badan Amil Zakat Nasional di Provinsi Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover Judul.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zakat adalah salah satu rukun islam yang diwajibkan bagi setiap umat muslim yang mampu, kedudukannya sangat penting dalam islarn. Bisa dilihat dalam Al-Qur’an Surat At-Taubah ayat 60 yang artinya "Sesungguhnya Zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana." Organisasi pengelola zakat (BAZ atau LAZ) adalah Institusi yang bergerak di bidang pengelolaan dana zakat, infaq, dan shadaqah. Organisasi pengelola zakat harus menggunakan pembukuan yang benar dan siap diaudit oleh akuntan publik, apabila pengelola zakat belum menerapkan akuntansi zakat. Akibatnya, ada masalah dalam audit laporan keuangan organisasi pengelola zakat. Untuk itu, perlu ada penyesuaian-penyesuaian dalam pelaporan keuangannya yang mengacu pada PSAK No. 109 tentang akuntansi zakat yang sudah disahkan oleh pemerintah pada pengelolaan zakat. Berdasarkan pemaparan diatas penulis tertarik untuk mengambil judul "Pengaruh Penerapan PSAK No. 109 Tentang Standar Akuntansi Zakat Terhadap Pengelolaan Zakat". Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan PSAK No. 109 Tentang Standar Akuntansi Zakat, untuk mengetahui pengelolaan zakat pada 4 Badan Arnil Zakat Nasional yang berada di Provinsi Jawa Barat, untuk rnengetahui pengaruh penerapan PSAK No. 109 Tentang Standar Akuntansi Zakat Terhadap Pengelolaan Zakat pada 4 Badan Amil Zakat Nasional di Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner yang di bagikan kepada 4 Badan Amil Zakat Nasional di Provinsi Jawa Barat. Target responden dari kuesioner tersebut adalah para pengurus yang mengetahui praktek akuntansi pada lembaga/badan yang mereka kelola. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan PSAK No. 109 Tentang Standar Akuntansi Zakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengelolaan Zakat sebesar 16%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 84% merupakan pengaruh faktor lain di luar variabel independen yang sedang diteliti. Kata Kunci : Zakat, Badan Amil Zakat, PSAK No. 109, Pengelolaan Zakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 14 Jan 2017 05:47
Last Modified: 14 Jan 2017 05:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14477

Actions (login required)

View Item View Item