Identifikasi faktor-faktor penyebab pada proses pembuatan produk rubber end dengan menggunakan metode Taguchi di PT. Agronesia Bandung.

SITI QODRIAH, 123010165 and Wahyu Katon, DS and Dadang Hendriana, DS (2017) Identifikasi faktor-faktor penyebab pada proses pembuatan produk rubber end dengan menggunakan metode Taguchi di PT. Agronesia Bandung. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SITI QODRIAH.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER-SITI QODRIAH.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SITI QODRIAH.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kualitas merupakan kesesuaian suatu produk untuk memenuhi harapan atau kepuasan konsumen yang mencakup perbaikan terhadap produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang disyaratkan atau distandarkan secara berkesinambungan atau terus-menerus. Di PT. Agronesia ini kualitas sangat diutamakan karena kualitas memegang peranan penting dari peningkatan kualitas produk yang dihasilkan serta manfaatnya dapat dirasakan oleh konsumen. Produk Rubber End merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini. Pada produk tersebut sering mengalami kecacatan dan tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kecacatan tersebut berupa adanya udara terjebak pada Rubber End. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian terhadap kualitas produk Rubber End yang dihasilkan oleh perusahaan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut digunakan metode Taguchi dalam perancangan eksperimen. Langkah awal dalam metode ini yaitu pemilihan faktorfaktor yang berpengaruh atau menjadi penyebab terhadap kulitas produk sekaligus penentuan nilai level yang kemudian menjadi dasar dalam pemilihan matriks orthogonal. Hasil analisa diolah dengan menggunakan S/N Ratio dan analisis varians. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh bahwa faktor-faktor yang berpengaruh atau yang menjadi penyebab secara signifikan terhadap kualitas produk Rubber End adalah ketebalan material pada level 2 sebesar 5,5 mm, temperatur callender pada level 3 dengan suhu 45 C-55 C dan waktu pengerjaan yaitu level 1 pada shift I.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 13 Jan 2017 07:05
Last Modified: 13 Jan 2017 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14442

Actions (login required)

View Item View Item