PENGARUH JUMLAH PELAPISAN EDIBLE DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP KARAKTERISTIK BUAH POTONG PEPAYA (CARICA PAPAYA L) YANG DILAPISI EDIBLE BERBASIS NATA DE COCO

PUTRI LESTARI, 123020020 and Asep Dedy Sutrisno, DS (2017) PENGARUH JUMLAH PELAPISAN EDIBLE DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP KARAKTERISTIK BUAH POTONG PEPAYA (CARICA PAPAYA L) YANG DILAPISI EDIBLE BERBASIS NATA DE COCO. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh proses jumlah pelapisan, suhu penyimpanan, dan interaksi keduanya terhadap karakterisitk buah potong pepaya. Manfaat penelitian ini adalah sebagai upaya untuk mempertahankan mutu (warna, cita rasa, aroma, dan tekstur) buah potong pepaya (Carica papaya L.) yang telah dilapisi edible coating. Rancangan penelitian ini menggunakan pola factorial 2 x 3 dalam Rancangan Acak Kelompok dengan ulangan 4 kali. Faktor pertama adalah Proses JumlahPelapisan (A) yang terdiri dari Single Coating (a1) dan Double Coating (a2). Faktor kedua adalah Suhu Penyimpanan (B) yang terdiri dari 5°C (b1), 10°C (b2), dan suhu ruang (b3). Parameter pengamatan adalah analisis kimia yaitu kadar vitamin C, analisis mikrobiologi yaitu jumlah mikroba total dengan metode Total Plate Count (TPC), analisis fisik yaitu susut bobot, serta uji organoleptik berdasarkan uji kesukaan warna, aroma, tekstur, dan rasa. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan terhadap uji organoleptik dan kadar vitamin C, didapat bahwa konsentrasi CaCl2 terbaik adalah 1%. Faktor jumlah pelapisan berpengaruh terhadap karakteristik buah potong pepaya pada respon kadar vitamin C, jumlah mikroba total, susut bobot, warna, dan tekstur. Faktor suhu penyimpanan berpengaruh terhadap karakteristik buah potong pepaya pada respon kadar vitamin C, jumlah mikroba total, susut bobot, warna, aroma, tekstur, dan rasa. Interaksi antara factor jumlah pelapisan dan suhu penyimpanan tidak berpengaruh nyata terhadap karakteristik buah potong pepaya pada respon kadar vitamin C, jumlah mikroba total, susut bobot, warna, aroma, tekstur, dan rasa. Sampel a2b2 perlakuan double coating dan disimpan di suhu 10°C memiliki penurunan vitamin C yang lebih sedikit dibandingkan yang lainnya, mengalami penurunan susut bobot yang lebih sedikit, dan mengalami pertumbuhan mikroba yang lebih lama dibanding dengan perlakuan lainnya. Kata Kunci :Edible coating, Karakteristik Kimia danFisik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 12 Jan 2017 07:08
Last Modified: 12 Jan 2017 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14396

Actions (login required)

View Item View Item