ANALISIS METODE ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE, DAN ZMIJEWSKI DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Logam Dasar Dan Sejenisnya Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013)

INGGRIT CAHYADI, 114020055 (2016) ANALISIS METODE ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE, DAN ZMIJEWSKI DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Logam Dasar Dan Sejenisnya Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menggambarkan dan menjelaskan tentang hasil analisis metode Altman Z-score, Springate, dan Zmijewski dalam memprediksi kebangkrutan serta dampaknya terhadap return saham pada industri logam dasar dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Operasionalisasi variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu prediksi kebangkrutan. Sedangkan variabel terikat yaitu return saham. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh industri kimia dasar dan sejenisnya, khususnya industri logam dasar dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009 – 2013 yaitu 16 perusahaan. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini didasarkan pada metode purposive sampling dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dala hal ini jumlah sampel yang diteliti adalah 13 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif yang terdiri dari: uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, korelasi, koefisien determinasi, uji T dengan bantuan software SPSS 14.00, 19.0, 20.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial prediksi kebangkrutan berpengaruh terhadap return saham. Hasil ini dapat dibuktikan dengan koefisien determinasi menjelaskan bahwa prediksi kebangkrutan dengan menggunakan metode Altman Z-score berpengaruh sebesar 1,4%. Sehingga 98,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diamati oleh peneliti untuk mempengaruhi return saham. Kemudian hasil serupa dengan menggunakan metode Springate sebesar 1,4%. Dan dengan menggunakan metode Zmijewski sebesar 2,6%. Penulis menyimpulkan bahwa dalam penggunaan variabel prediksi kebangkrutan dengan menggunakan metode Zmijewski yang paling akurat dari lainnya (metode Altman Z-score, dan metode Springate) jika dilihat dari fenomena maupun dari metode perhitungan. Kata Kunci: Metode Altman Z-score, metode Springate, metode Zmijewski, dan return saham

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:31
Last Modified: 11 Jan 2017 04:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14358

Actions (login required)

View Item View Item