Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Sikap Percaya Diri Siswa Serta Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV

Lukman Alhadi, 115060211 (2016) Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Sikap Percaya Diri Siswa Serta Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (68kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telak dilaksanakan di SDN Batukarut 02 Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki masalah-masalah dalam pembelajaran IPS pada materi sumber daya alam serta pemanfaatan untuk kegiatan ekonomi di kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Pembelajaran IPS belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentuan yaitu 65. Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari rendahnya aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan karena guru kuang kreatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sehingga membuat siswa kurang fokus dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap memahami, percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan sintaks model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan sikap ker dalam proses pembelajaran yang mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh presentase sikap memahami 61,70%, percaya diri 60,30%, hasil belajar 72,50% dan siklus II sebesar memahami 86,70%, percaya diri88,30% dan hasil belajar 88,30%. Dan terlihat juga adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I, siswa yang telah mencapai KKM yaitu 13,30% dan siklus II siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan menjadi 90%. Hal ini dikarenakan pada model Problem Based Learning, siswa tidak hanya memahami konsep yang diberikan oleh guru tetapi siswa juga terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa yang akan menjadi lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pmahaman, percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning,pemahaman percaya diri dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 24 Mar 2016 06:49
Last Modified: 24 Mar 2016 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item