DEDEH RIYANDANI, NPM. 148060004 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
ARTIKEL_DEDEH RIYANDANI (148060004)docx.docx Download (98kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan strategi Active Knowledge Sharing. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode campuran (Mix Methods) di MTs.Al-Mukhlisin Kabupaten Bandung yang melibatkan 30 siswa kelas Active Knowledge Sharing dan 31 siswa kelas konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan angket motivasi belajar siswa. Analisis statistik yang dilakukan adalah Independent sample t’-test, uji Mann Whitney, dan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar dengan strategi Active Knowledge Sharing lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional dilihat berdasarkan keseluruhan dan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah); (2) Motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Active Knowledge Sharing tidak memiliki perbedaan secara signifikan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dengan motivasi belajar siswa; (4) Aktivitas siswa dalam pembelajaran Active Knowledge Sharing secara umum sudah positif dalam semua aspek aktivitas siswa dan aktivitas guru yang dirancang dalam RPP telah dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci : Kemampuan pemahaman matematis, motivasi belajar, Active Knowledge Sharing
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 08:08 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 08:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14177 |
Actions (login required)
View Item |