UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASSED LEARNING (POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET DI SMAN BANDUNG)

SRI SUSILAWATI, NIM: 148060060 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASSED LEARNING (POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET DI SMAN BANDUNG). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
cover artikel.docx

Download (35kB)
[img] Text
Artikel Tesis Sri Susilawati ( (148060060).docx

Download (48kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah dan mendeskripsikan apakah pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan apakah pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa, apakah kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran Barisan dan Deret yang mendapatkan model Problem-Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, apakah kreativitas siswa pada pembelajaran Barisan dan Deret yang mendapatkan model Problem-Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dengan kreativitas siswa. Penelitian didasarkan pada kenyataan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika belum dapat dicapai dengan baik oleh siswa kelas XII IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (Mixed Metod) dengan Concurent Embedded dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Bandung Tahun Pelajaran 2016-2017 pada pokok bahasan Barisan dan Deret. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrument-instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah : Tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah dikonsultasikan dengan dosen, Pedoman wawancara dan observasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. 2) Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) tidak dapat meningkatkan kreativitas siswa. 3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Barisan dan Deret (Bunga, Pertumbuhan, Peluruhan) yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 4). Kreativitas siswa pada materi Barisan dan Deret yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) tidak lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 5) Tidak ada korelasi antara pemecahan masalah dengan kreativitas siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah matematika, kreativitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 02 Dec 2016 03:54
Last Modified: 02 Dec 2016 03:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item View Item