PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR PADA POKOK MATERI ENERGI LISTRIK (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cilandak Kecamatan Sukasari Kota Bandung Tahun Pelajaran 2009-2010)

TITIN SUPRIHATIN, 075060058 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR PADA POKOK MATERI ENERGI LISTRIK (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cilandak Kecamatan Sukasari Kota Bandung Tahun Pelajaran 2009-2010). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (855kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (121MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (119kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.rtf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I-ok.rtf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II-ok.rtf

Download (20MB)
[img] Text
BAB III-okey.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (63kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VI yang berjumlah 27 orang pada Tahun Pelajaran 2009-2010 di SDN Cilandak Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Penelitian ini diawali dengan obeservasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru pada pembelajaran IPA semester II di sekolah tersebut. Setelah observasi dilakukan bahwa hasil yang didapat berupa Ketuntasan belajar siswa yang rendah terhadap materi pembelajaran IPA, apalagi mengenai konsep yang baru. Setelah ditemukan masalah yang terjadi kemudian dicari solusi untuk pemecahannya dan dibuatlah rumusan masalah. Hasilnya solusi yang akan digunakan yaitu melakukan sebuah penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses setelah itu merumuskan rumusan masalah agar masalah dalam penelitian tersebut benar-benar tepat. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus tindakan. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dikenai satu tindakan sehingga dalam tiga siklus ada 3 tindakan. Adapun instrumen pengumpulan data berupa tes (pre-test dan post-test), lembar observasi dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan pembelajaran, lembar observasi siswa digunakan untuk mengobservasi aspek keterampilan proses yang dipahami siswa, dan wawancara digunakan untuk menjaring respon siswa terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Hasil penelitian ditemukan bahwa ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan pembelajaran siklus I dan II menunjukkan kriteria sangat rendah dengan perolehan IPK 30,46 dan 20,36. Perolehan IPK pada tindakan pembelajaran siklus II cenderung menurun. Sedangkan pada tindakan pembelajaran siklus III sedikit mengalami peningkatan dengan perolehan IPK 60,93 yang menunjukkan pemahaman siswa menjadi normal. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan. Data menunjukkan bahwa pada tindakan pembelajaran siklus I pemahaman siswa menjadi tinggi dengan perolehan IPK 77,73 dan pada tindakan pembelajaran siklus II cenderung menurun dengan perolehan IPK 72,79 yang menujukkan pemahaman siswa menjadi normal, sedangkan pada tindakan pembelajaran siklus III pemahaman siswa meningkat kembali menjadi tinggi dengan perolehan IPK 83,13. Penggunaan pendekatan keterampilan proses ternyata dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Selain itu aspek keterampilan mengamati, menggolongkan, meramalkan dan mengkomunikasikan dapat dipahami siswa sedangkan aspek yang lainnya cukup dipahami. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2010
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Nov 2016 02:36
Last Modified: 18 Nov 2016 02:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14045

Actions (login required)

View Item View Item