PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING (TEKNIK JIGSAW) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS IV SDN BANK JABAR MEKAR MULYA II KECAMATAN LEMAH SUGIH KABUPATEN MAJALENGKA

FIKRI RIYANA, 075060057 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING (TEKNIK JIGSAW) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS IV SDN BANK JABAR MEKAR MULYA II KECAMATAN LEMAH SUGIH KABUPATEN MAJALENGKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.doc

Download (61kB)
[img] Text
Abstrak isi.doc

Download (116kB)
[img] Text
Kata Isi.doc

Download (47kB)
[img] Text
Bab 1.doc

Download (102kB)
[img] Text
Bab 2.doc

Download (193kB)
[img] Text
Bab 3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
Bab 4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
Bab 5.doc
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
Daftar pustaka.doc

Download (33kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.doc
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)

Abstract

Pada proses pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di kelas IV SDN Bank Jabar Mekar Mulya, guru menemukan kesulitan dalam mengkondisikan siswa pada pembelajaran yang kondusif. Ini terbukti berdasarkan hasil tes belajar siswa yang hanya mencapai 56,38 dari 36 siswa. Hal itu dikarenakan pada pembelajaran tersebut, guru hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga, aktifitas siswa tidak terlihat serta kurangnya motivasi dalam belajar, yang pada akhirnya berdampak pada menurunnya prestasi belajar siswa. Dari permasalahan tersebut, penulis menyusun skripsi yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning (Teknik Jigsaw) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi”. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui aktifitas, motivasi, serta prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi melalui model pembelajaran Cooperative Learning (Teknik Jigsaw) di kelas IV SDN Bank Jabar Mekar Mulya Kecamatan Lemah Sugih Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan bagian dari penelitian kualitatif. PTK merupakan suatu penelitian yang akar masalahnya muncul di kelas dan dirasakan langsung oleh guru yang bersangkutan. Penelitian ini bermanfaat untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa pada siklus I nilai rata-rata dari hasil evaluasi siswa secara individu yaitu mencapai 60,13, meningkat pada siklus II menjadi 77,7 dan nilai pada siklus III mencapai 80,83. Dari data tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembealajaran Cooperatif learning (Teknik Jigsaw) dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi sangat efektif dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Saran dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran Cooperative Learning (Teknik Jigsaw) dapat meningkatkan aktifitas serta motivasi belajar siswa. Sehingga, prestasi belajar siswa pun meningkat. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran guru hendaknya menggunakan model pembelajaran, yang salah satunya yaitu model pembelajaran Cooperatif Learning (Teknik Jigsaw). Karena selain mampu meningkatkan aktifitas, motivasi serta mampu meningkatkan prestasi belajar siswa secara optimal, model pembelajaran ini juga dapat diterapkan pada tingkatan kelas manapun.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Nov 2016 02:21
Last Modified: 18 Nov 2016 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14044

Actions (login required)

View Item View Item