PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN MENGENAL STRUKTUR TUMBUHAN DI KELAS IV SDN DURMAN KECAMATAN ANDIR KOTA BANDUNG.

Eva Royani Musthofa, 085060120 (2016) PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN MENGENAL STRUKTUR TUMBUHAN DI KELAS IV SDN DURMAN KECAMATAN ANDIR KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (198kB)
[img] Text
BAB III .docx
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (25kB)

Abstract

Berawal dari temuan tentang rendahnya hasil evaluasi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah ini, penulis bersama rekan-rekan pengajar terus menelaah dan mencoba mencari alternatife jawaban, dengan menganalisis berbagai kemungkinan yang ada, akhirnya di ambil satu alternatife. Bahwa rendahnya evaluasi hasil pembelajaran adalah karena guru belum menciptakan suatu rencana dan proses pembelajaran yang membuat siswa aktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Agar proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menarik perhatian siswa, maka proses belajar mengajar di deasain sedemikian rupa agar siswa aktif. Kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahua Alam di sekolah dasar membutuhkan strategi atau pendekatan yang sesuai dengan perkembangan usia siswa. Pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning menjadikan siswa belajar secara aktif dan mendapat pengalaman langsung dari proses pembelajaran sehingga belajar lebih bermakna. Siswa akan menjadi pusat pembelajaran Karena siswa adalah subjek didik. Pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan mengenal struktur tumbuhan di kelas IV SDN Durman Bandung, guru menemukan kesulitan yakni kurangnya memanfaatkan waktu yang disediakan. Ini terbukti berdasarkan hasil tes siswa di pra tindakan hanya mencapai 66,68 dari 34 siswa. Hal itu dikarenakan pada pembelajaran tersebut, guru hanya menggunkan metode ceramah. Sehingga aktifitas siswa tidak terlihat saat belajar, yang pada akhirnya berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Dari permasalahan tersebut, penulis menyusun karya tulis yang berjudul “Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Mengenal Stru

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2016 07:47
Last Modified: 05 Nov 2016 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14028

Actions (login required)

View Item View Item