TINA LANIATI, 085060021 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Rancabolang 2 Jalan Rancabolang Indah No. 1 Kelurahan Majahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung Pada Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan serta Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1.COVER.docx Download (51kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
4. MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.docx Download (13kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (82kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kerjasama siswa pada pembelajaran IPS. Karena dalam proses pembelajaran siswa tidak mampu menemukan sendiri tentang pengetahuan yang dipelajarinya, siswa tidak dapat bekerjasama dengan siswa lain, siswa kurang dilibatkan dalam tukar pendapat, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Rendahnya kemampuan bekerjasama siswa salah satunya di sebabkan oleh faktor guru, pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional (teacher centered). Penelitian ini bertujuan adalah ingin memperbaiki dan meningkatkan keterampilan bekerjasama siswa pada pembelajaran IPS. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka di implementasikan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment Division). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari III siklus, dilaksanakan di kelas V SDN Rancabolang 2 Bandung dengan jumlah siswa 36. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, angket dan penilaian dokumen RPP. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada keterampilan kerjasama siswa dan menanamkan sikap kerjasama dalam proses pembelajaran, siklus I rata-rata persentase 70,8%, mengalami peningktan pada siklus II dengan rata-rata peresntase sebesar 83,5% dan siklus III dengan rata-rata peresntase sebesar 90,75%. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat pada siklus I rata- rata 71,9% dengan persentase yang mencapai KKM 72,3%, pada siklus II nilai rata- rata 78,1% dengan persentase yang mencapai KKM 77,8% dan siklus III nilai rata-rata 87,6% dan semua mencapai KKM yang ditentukan. Serta hasil lembar observasi siswa nilai karakter dan aspek afektif psikomotor siswa menunjukan peningkatan dan memiliki kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Teams Achievment Division) dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa pada mata pelajaran IPS pada pokok bahasan keragaman kenampakanalam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia. Diharapkan guru dapat mencoba mangkaji dan mengimplementasikan model pembelajaran tersebut tentang pokok bahasan lainnya pada pembelajaran IPS dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran IPS. Kata kunci: Model pembelajran kooperatif tipe STAD, Kerjasama, IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Nov 2016 07:17 |
Last Modified: | 05 Nov 2016 07:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14024 |
Actions (login required)
View Item |