PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PETA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA SDN MERDEKA 5 KECAMATAN SUMUR BANDUNG)

PUTRI ZILIV LESTARI ALAM, 085060179 (2016) PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PETA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA SDN MERDEKA 5 KECAMATAN SUMUR BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
(1) Hard Cover Skripsi.rtf

Download (506kB)
[img] Text
(2) Lembar pengesahan.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
(3) MOTTO SKRIPSI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
(3) MOTTO SKRIPSI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
(4) LEMBAR PERNYATAAN.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
(5) ABSTRAK SKRIPSI.rtf

Download (41kB)
[img] Text
(6) KATA PENGANTAR.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
(7) UCAPAN TERIMA KASIH.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
(8) DAFTAR ISI.rtf

Download (206kB)
[img] Text
(9) BAB I.rtf

Download (170kB)
[img] Text
(10) BAB II.rtf

Download (270kB)
[img] Text
(11) BAB III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
(12) BAB IV.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
(13) BAB V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
(14) DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (55kB)
[img] Text
(16) RIWAYAT HIDUP.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan peta” bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa dalam belajar dengan menerapkan penggunaan metode diskusi pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan peta. Penelitian ini dilaksanakan karena adanya permasalahan yang dihadapi oleh guru di setiap pembelajaran berlangsung, permasalahan itu datang baik dari sisi guru, siswa, lingkungan belajar hingga materi pembelajarannya. Sehingga hal ini memberikan gambaran bahawasannya seorang guru harus memiliki kemampuan untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran. Maka pelaksanaan pembelajaran haruslah menerapkan sebuah konsep “Learning how to learn”(belajar bagaimana cara belajar), hal ini akan memberikan sebuah makna yang dalam kepada guru dan siswa mengenai proses belajar yang baik, aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan dan kondusif secara terarah. Untuk menerapkan konsep tersebut, maka metode diskusi memiliki kriteria dalam penerapan sebuah konsep “learning how to learn”, karena dengan berdiskusi siswa dan guru akan saling mengisi untuk lebih memahami materi pembelajaran yang telah disajikan oleh guru ataupun materi yang telah di presentasikan oleh kelompok-kelompok diskusi. Penelitia ini dilaksanakan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subjek penelitian siswa kelas IV A SDN Merdeka 5 Bandung dengan jumlah siswa 47 orang siswa, yaitu 20 orang siswa laki-laki dan 27 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian diantaranya lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, Lembar tes, wawancara dan angket skala sikap siswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode diskusi yang dilaksanakan dalan tiga siklus menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Lembar Kerja Siswa pada siklus 1 yaitu 43,05 % siswa yang tuntas dalam pembelajaran, siklus 2 70,22 % siswa yang tuntas dan siklus 3 70,35 % siswa yang mencapai ketuntasan. Selanjutnya pada Lembar kerja Kelompok siklus 1 80,86 % siswa yang tuntas, siklus 2 93,61 % siswa yang tuntas dan siklus 3 93,61 % siswa yang tuntas. Sehingga hal tersebut dapat membuktikan bahwa penerapan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS dengan pokok pembahasan peta dapat terlaksana dengan cukup baik dan hasil setiap siswa memiliki peningkatannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2016 06:50
Last Modified: 05 Nov 2016 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14021

Actions (login required)

View Item View Item