AGUSTRIA RAHMAN, 085060027 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK PEMBAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PASIRLUHUR KECAMATAN CIMENYAN KABUPATEN BANDUNG MELALUI METODE DEMONSTRASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
00. cover.docx Download (149kB) |
|
Text
01. lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
02. PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
001. moto.docx Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
03. abstrak.docx Download (13kB) |
|
Text
04. kata pengantar.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
05. daftar isi.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (14kB) |
|
Text
L. riwayat hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini didasari rendahnya perolehan nilai siswa kelas IV di SDN Pasirluhur Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung pada mata pelajaran IPS khususnya pada pokok pembahasan Perkembangan Teknologi Produksi. Hal ini disebabkan oleh kinerja guru yang kurang membangaun siswa untuk mengembangkan motivasi dan semangat belajar, dalam pembelajarannya guru hanya terpaku pada buku paket dan hanya terpaku kepada metode ceramah, tidak menggunakan media pembelajaran, selain itu juga pembelajarannya hanya berpusat pada guru tidak melibatkan siswa. Sehingga siswa pasif dalam pembelajaran materi perkembangan teknologi produksi. Kemudian aktifitas siswa yang muncul adalah siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, sebagian siswa ada yang mengobrol dengan temanya, keaktifan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran pun tidak terlihat. Untuk memperbaiki beberapa permasalahan di atas, peneliti memilih menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi perkembangan teknologi produksi. Dari hasil pelaksanaan penelitian selama tiga siklus dengan menggunakan metode demonstrasi telah berhasil meningkatkan kinerja guru, aktifitas siswa dan hasil belajar siswa. kinerja guru pada siklus I pada tahap perencanaan dikategorikan baik denagn indikator pencapaian 66,6%, tahap pelaksanaan dikategorikan sangat baik denagn indikator pencapaian 88,8% dan tahap evaluasi dikategorikan baik dengan indikator pencapaian 66,6%. Kemudian dilaksanakan siklus II dan terjadi peningkatan yaitu pada tahap perencanaan dikategorikan sangat baik dengan indikator pencapaian 88,8%, tahap pelaksanaan dikategorikan sangat baik dengan indikator pencapaian 100% dan tahap evaluasi dikategorikan baik dengan indikator pencapaian 77,7%. Kemudian pada siklus III terjadi peningkatan lagi yaitu pada tahap perencanaan dikategorikan sangat baik dengan indikator pencapaian 100%, tahap pelaksanaan dikategorikan sangat baik dengan indikator pencapaian 100%. Peningkatan yang terjadi pada aktifitas siswa (keaktifan, motivasi, dan perhatian) pada siklus I yaitu 43,3% siswa yang dikategorikan baik, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 90%, dan pada siklus III meningkat menjadi 96,6%. Kemudian untuk hasil belajar siswa dari data awal 33,3% siswa yang dinyatakan tuntas kemudian pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 53,3%, pada siklus II 70%, dan pada siklus III terjadi peningkatan menjadi 93,3%.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Nov 2016 06:13 |
Last Modified: | 05 Nov 2016 06:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14018 |
Actions (login required)
View Item |