Nur Aeni Ramdani, 085060102 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V SDN MAGUNG IV KEC.CIPARAY KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (41kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI,BAGAN,GAMBAR,TABEL,DIAGRAM.doc Download (54kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (37kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Magung IV Kec. Ciparay Kabupaten Bandung. Subjek penelitian siswa kelas V dengan jumlah 28 orang. Penelitian didasari karena nilai rata-rata siswa pada pembelajaran IPA belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari rendahnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, dari hasil wawancara terhadap guru kelas V di SDN Magung IV dapat diketahui bahwa pemahaman siswa pada materi pembelajaran IPA masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga anak kurang terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi aktifitas dalam belajarnya yang kurang optimal. penlitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe NHT berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi alat pencernaan manusia. Hal ini dapat ditunjukan dengan adanya peningkatan Aktivitas dalam pembelajaran yang mengalami peningkatan pada siklus I 79 % dan pada Siklus II 100%, dan terlihat dari hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT mengalami peningkatan. Pada siklus I dari hasil tes siswa memperoleh skor dengan persentase rata-rata 78,57%, pada pada siklus II memperoleh skor dengan persentase rata-rata 96,42%. Hal ini dikarenakan pada model pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT, siswa dituntut untuk bekerjasama dalam menguasai materi yang diberikan oleh guru, dan siswa tidak hanya memahami konsep yang diberikan tetapi juga memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan bersosialisasi sehingga siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses berfikir sehingga mempengaruhi aktifitas belajarnya dan hasil belajarnya pun akan lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci: model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together, aktivitas belajar dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 18:58 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 18:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14009 |
Actions (login required)
View Item |