PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pelajaran IPA di SDN Maruyung Kabupaten Bandung)

Mahdi Mahmud, 085060072 (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pelajaran IPA di SDN Maruyung Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover skripsi ndon.docx

Download (146kB)
[img] Text
lembar pengesahan ndon.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
PERNYATAAN ndon b.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ndon.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
abstrak ndon.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR ndons.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI ndon.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
Riwayat Hidup Ndon.docx
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bagian-bagian tubuh hewan di kelas II SDN Maruyung dengan menggunakan media pembelajaran berupa media Gambar. Hal tersebut didasari oleh kurangnya aktifnya siswa selama pembelajaran berlangsung yang berimbas kepada hasil belajar siswa yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik eveluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas siswa dan kinerja guru/peneliti. Sedangkan instumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar observasi berupa lembar observasi kegiatan guru,lembar observasi kegiatan kegiatan siswa, pedoman obsservasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar dari tiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu pada data awal nilai rata-rata kelas hanya 56,33 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 72, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I dari 72 meningkat menjadi 78,3. Kemudian jika di lihat dari jumlah siswa yang memenuhi ktriteria lulus dari data awal hanya 12 orang siswa atau (10%) yang lulus pada silus I meningkat menjadi 22 orang siswa (73,33%), dari siklus I ke siklus II dari 22 siswa (73,33%) yang lulus meningkat menjadi 27 siswa (90%). Dengan demikian, penggunaan media gambar pada pembelajaran IPA sangat menunjang terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bagian-bagian tubuh hewan di kelas II sekolah dasar. Hal ini di sebabkan dalam penggunaan media gambar, siswa dituntut lebih fokus ketika guru menyampaikan materi pelajaran, dapat berdiskusi dengan temannya, dapat lebih aktif ketika pembelajaran. Kata kunci : Penggunaan Media Gambar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2016 15:28
Last Modified: 04 Nov 2016 15:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13998

Actions (login required)

View Item View Item