IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Totok Dwi Raharjo, NPM. 148060033 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL TOTOK.docx

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar peserta didik. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan Scientific dan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan pendekatan saintifik dan model pembelajaran PBL yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan melihat dampaknya terhadap kemandirian belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Angkasa Bandung dan sampelnya adalah kelas X. Penentuan sampel dilakukan secara purposif (Purposive Sampling). Penelitian ini menggunakan dua jenis tes: tes kemampuan berpikir kreatif matematis, skala kemandirian belajar, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan bahwa: Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis peserta didik yang memperoleh pendekatan saintifik, pendekatan saintifik dengan model pembelaran Problem Based Learning lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional; kemandirian belajar peserta didik akan timbul dengan sendirinya seiring dengan kebutuhan yang akan mereka capai.; terdapat pengaruh negatif kemampuan kreatif matematis terhadap kemandirian belajar peserta didik antara model PBL dan pendekatan saintifik, terdapat pengaruh positif kemampuan kreatif matematis terhadap kemandirian belajar peserta didik antara pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik,Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik, Kemampuan Kreatif Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Nov 2016 13:22
Last Modified: 01 Nov 2016 13:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13970

Actions (login required)

View Item View Item