MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGUASAI PENINGGALAN SEJARAH PADA MASA HINDU – BUDHA DAN ISLAM MELALUI MEDIA GAMBAR DAN PETA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Melong Asih 7 Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi Tahun Ajaran 2013-2014)

Fauziyah Nur Aisyah, 095060221 (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGUASAI PENINGGALAN SEJARAH PADA MASA HINDU – BUDHA DAN ISLAM MELALUI MEDIA GAMBAR DAN PETA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Melong Asih 7 Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi Tahun Ajaran 2013-2014). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI PAPAW.rtf

Download (1MB)
[img] Text
BUNDEL KATA PENGANTAR, DFTR ISI pow.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.docx
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

Belajar diartikan sebagai aktivitas pengembangan diri melalui pengalaman, bertumpu pada kemampuan diri belajar dibawah bimbingan pengajaran. Pembelajaran merupakan kegiatan belajar mengajar ditinjau dari sudut pandang kegiatan guru untuk dialami siswa selama kegiatan belajar mengajar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk menigkatkan kualitas peran dan tanggung jawab guru khususnya dalam pengelolaan pembelajaran. Melalui PTK, guru dapat meningkatkan kinerjanya secara terus-menerus, dengan cara melakukan refleksi diri (self reflection), yakni upaya menganalisis untuk menemukan kelemahan-kelemahan dalam proses pembelajaran yang dilakukannya, kemudian merencanakan untuk proses perbaikan serta mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran sesuai dengan proses pembelajaran yang telah disusunnya dan diakhiri dengan melakukan refleksi. Dari hasil penelitian kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar siswa menggunakan media gambar dan peta mengalami peningkatanm dalam siklus I sebesar 58% Kurang siklus II 80% cukup siklus III 100% dan rata-rata yang di dapat pada siklus I 69,53 kurang Siklus II 79,02 cukup siklus III 87,87 baik. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan media gambar dan peta pada pembelajaran IPS dalam materi Hindu-Budha dan Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Media gambar dan peta dalam pembelajaran IPS mengenai Hindu- Budha dan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Oct 2016 15:44
Last Modified: 29 Oct 2016 15:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13956

Actions (login required)

View Item View Item