PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DAN SUBTEMA PEMANFAATAN ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas IV semester 1 SDN Lembang 2 Kab. Bandung Barat Tahun Pembelajaran 2014/2015)

DESY KURNIAWANTI, 105060096 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DAN SUBTEMA PEMANFAATAN ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas IV semester 1 SDN Lembang 2 Kab. Bandung Barat Tahun Pembelajaran 2014/2015). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.docx

Download (148kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Lembang 2. Melihat permasalahan ini, penulis bertujuan untuk aktivitas belajar siswa. Solusi tindakan yang penulis lakukan dalam permasalahan, yaitu mencoba dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dengan menggunakan Discovery Learning yang bertujuan memfokuskan siswa untuk saling belajar secara mandiri. Penelitian ini dinyat akan berhasil bila kualitas RPP memenuhi kriteri apa dari rubric penilaian RPP, serta persentase ketercapaian pelaksanaan pembelajaran mencapai 80% dan berkualitas baik. Selainitu, jumlah siswa yang mendapat nilai tes berkategori baik mencapai 80%. Dan komponena fektif dan psikomotor yang diamati semuanya muncul dan berkualitas baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa penerapan model Discovery Learning untuk meniangkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IV SDN Lembang 2 Kabupaten Bandung Barat. Persentase ketercapaian proses pelaksanaan pembelajaran siklus Iadalah 87%, sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadi 92%.Nilairata-rata pretes siswa pada siklus I adalah 60% dengan 47% siswa masuk kategori tuntas dan 53% dinyatakan belum tuntas, sedangkan pada siklus II persentasi nilai rata-rata meningkat menjadi 70% dengan 73% siswa masuk kategor ituntas, dan 27% dinyatakan belum tuntas. Dan sedangkan pada siklus III persentasi nilai rata-rata meningkat menjadi 80% dengan 96% siswa masuk kategori tuntas, dan 4% dinyatakan belum tuntas. Dengan demikian indicator keberhasilan nilai postes telah tercapai. Kualitas kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I masih belum berkualitas baik, dan pada siklus II kemampuan komunikasi siswa muncul dan berkualitas cukup baik, namun kemampuan aktifitas belajar siswa pada siklus III berkualitas sangat baik. . Begitu juga nilai KKM siswa pada siklus I masih belum berkualitas baik, dan pada siklus II menunjukkan perubahan yang signifikan dan berkualitas cukup baik, namun pada siklus III mengalami perubahan dan berkualitas sangat baik. Respon siswa pada pembelajaran Subtema pemanfaatan energi menunjukkan minat yang baik. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, model Pembelajaran Discovery Learning dan meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Oct 2016 19:06
Last Modified: 28 Oct 2016 19:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13938

Actions (login required)

View Item View Item