PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM SIKAP RASA INGIN TAHU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Indahnya Kebersamaan, Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1 & 2 di Kelas IV SDN 1 Cintakarya Kab. Pangandaran)

Reni Suhartini, 105060176 (2016) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM SIKAP RASA INGIN TAHU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Indahnya Kebersamaan, Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1 & 2 di Kelas IV SDN 1 Cintakarya Kab. Pangandaran). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (43kB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.docx

Download (125kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.docx

Download (11kB)
[img] Text
MOTO HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam sikap rasa ingin tahu melalui model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran tematik pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil tes siswa terhadap mata pelajaran Tematik, yaitu masih di bawah KKM yang baru mencapai rata-rata 59 %. Padahal target yang diharapkan rata-rata 80%. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran masih bersifat konvensional yaitu hanya dengan menggunakan metode ceramah, sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran sangat minim. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi dari Kemmis S dan Mc.Tagget dengan dua siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran 1 dan 2 menunjukan adanya peningkatan proses pembelajaran. Target penelitian dinyatakan berhasil di siklus 1 jika perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi mencapai 80%, perencanaan mencapai 86,6% dikategorikan sangat baik, pelaksanaan mencapai 81,25% dikategorikan baik, evaluasi mencapai 84,09% dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I pada aktivitas sikap siswa mencapai 85,25%, dikategorikan baik kemudian pada lembar kerja siswa mencapai 84,4%, pada siklus II target yang diharapakan 85% dalam pembelajaran 2 mengalami peningkatan pada perencanaan 94,4% dikategorikan sangat baik, pelaksanaan 86,25% dikategorikan baik, evaluasi 95,4% dikategorikan sangat baik sudah mencapai target yang diharapkan. Berdasarkan hasil analisis pada siklus II pada aktivitas sikap siswa mencapai 86,75% dikategorikan sangat baik. Kesimpulan yang diperolah bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing sangat memuaskan terhadap peningkatan kemampuan siswa di kelas IV SD. Dengan demikian, penggunaan model inkuiri terbimbing dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: inkuiri terbimbing, rasa ingin tahu

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Oct 2016 17:55
Last Modified: 28 Oct 2016 17:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13933

Actions (login required)

View Item View Item