MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PKN MENGENAI MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KELURAHAN DENGAN PENERAPAN METODE INKUIRI DI SDN PANYADAP 4 KECAMATAN SOLOKANJERUK KABUPATEN BANDUNG

Eulis Susanti, 085060040 (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PKN MENGENAI MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KELURAHAN DENGAN PENERAPAN METODE INKUIRI DI SDN PANYADAP 4 KECAMATAN SOLOKANJERUK KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
JUDUL SKRIPSI.doc

Download (690kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR DAN ABSTRAK.doc
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
BAB 1.doc

Download (67kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (121kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (37kB)

Abstract

Observasi dalam penelitian di SDN Panyadap 4 Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung, dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas IV dengan kompetensi dasar “mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan kecamatan”, diprediksi salah satu faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa. Data awal hasil peneliti diketahui bahwa dari 26 siswa yang nilai hasil belajarnya mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan dinyatakan lulus hanya 8 orang atau sekitar 31%, 18 siswa lagi atau 69 % lagi nilai hasil belajarnya di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan yaitu 60 untuk mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Panyadap 4 Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), maka dipilih salah satu metode pembelajaran inkuiri untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut. Desain penelitian menggunakan model spiral(Model spiral dari Kemmis dan Taggart), yang memulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, lembar tes individu, format penilaian, dan catatan lapangan. Setelah diterapkan metode inkuiri pada proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut: Untuk kinerja guru pada siklus I, tahap perencanaan mencapai 86.67%, pelaksanaan 76.19%, evaluasi 66.67%. Sedangkan di siklus II mengalami peningkatan, pada tahap perencanaan mencapai 100%, pelaksanaan mencapai 92.86%, tahap evaluasi mencapai 100%. Aktivitas siswa dari 26 siswa yang ditafsirkan mendapat nilai B (Baik) pada siklus I mencapai 8 siswa (30.77%), pada siklus II bertambah menjadi 23 siswa (88.46%). Sedangkan data hasil belajar siswa yang diperoleh adalah: Pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas menjadi17 siswa (65.38%). Pada siklus II bertambah menjadi 24 siswa (92.31%) meningkat 26.93%. Dengan demikian, dapat disimpulkan menerapkan pembelajaran dengan metode inkuiri dapat meningkatkan kinerja guru dan motivasi siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, serta aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn, khususnya pada materi sistem pemerintahan desa dan kelurahan. Namun demikian, memungkinkan dapat menerapkan metode-metode pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Oct 2016 13:51
Last Modified: 27 Oct 2016 13:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13924

Actions (login required)

View Item View Item