PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG PERAMBATAN BUNYI PADA BENDA PADAT, CAIR, DAN GAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 2 Seuseupan Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon)

INA INAYATURROHIM, 085060050 (2016) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG PERAMBATAN BUNYI PADA BENDA PADAT, CAIR, DAN GAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 2 Seuseupan Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.doc

Download (31kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.doc
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (71kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.doc
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fakta bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Kejadian ini karena proses pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang bersifat konvensional. Akibatnya siswa pasif, karena proses pembelajaran kurang menarik dan membosankan siswa, sehingga hasil belajar rendah. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas dengan menggunakan penerapan metode demonstrasi. Berdasarkan latar belakang maka muncullah permasalahan yaitu apakah penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA tentang perambatan bunyi melalui benda padat, cair, dan gas di SDN 2 Seuseupan Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV pada pembelajaran IPA di SDN 2 Seuseupan melalui penerapan metode demonstrasi. Metode yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data-data penelitian dikumpulkan melalui instrumen observasi dan tes dilakukan 2 siklus yang dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan yang berarti baik hasil belajar siswa, pengalaman berdemonstrasi maupun perilaku sosial. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 2 Seuseupan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menanamkan sikap sosial dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 66,42%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 77,86%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Penerapan metode demonstrasi, pembelajaran IPA, perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Oct 2016 12:50
Last Modified: 27 Oct 2016 12:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13917

Actions (login required)

View Item View Item