MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI POKOK CARA MENGHADAPI BENCANA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS – ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS VI SDN MUARARAJEUN 1 KEC. CIBEUNYING KALER KOTA BANDUNG

Cipta Amiati Zakaria, 085060018 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI POKOK CARA MENGHADAPI BENCANA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS – ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS VI SDN MUARARAJEUN 1 KEC. CIBEUNYING KALER KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIPUNPAS.

[img] Text
COVER.doc

Download (151kB)
[img] Text
PENGESAHAN (Autosaved).rtf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
moto.doc
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (54kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (188kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (145MB)

Abstract

Ilmu Pengetahun Sosial di Sekolah Dasar bertujuan agar peserta didik mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupan sehari – hari. Pengelolaan pembelajaran IPS di kelas VI SDN Muararajeun 1 belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya rendah dengan Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran IPS yaitu 70 artinya belum tuntas. Dengan hasil pembelajaran yang rendah tersebut perlu dilaksanakan perbaikan dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebagai alternatif pemecahannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana aktivitas belajar siswa pada saat mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPS di kelas VI SDN Muararajeun 1 ?, 2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas VI SDN Muararajeun 1 ?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk memperoleh deskripsi aktivitas belajar siswa pada saat mengikuti model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPS dikelas VI SDN Muararajeun 1, 2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VI SDN Muararajeun 1. Metode Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SDN Muararajeun 1 Kec. Cibeunying Kaler. Cara pengambilan data melalui teknik tes dan non-tes , sedangkan teknik analisis data menggunakan tekhnik observasi, wawancara, diskusi dan evaluasi dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 20% mencapai KKM yang telah ditentukan sebesar 70 dengan rata-rata nilai 48,5, pada siklus II terdapat peningkatan menjadi 56,6% tuntas belajar dengan rata-rata nilai 64,7. Dan pada siklus III terdapat peningkatan yang signifikan dari siklus I dan II menjadi 94% siswa tuntas belajar dengan rata-rata nilai 82, dan nilai rata-rata kelas pun melebihi KKM IPS materi pokok mengenal cara-cara menghadapi bencana alam yang telah ditentukan yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bisa dijadikan salah satu model yang baik untuk dapat meningkatkan aktivitas belajar mengajar, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok mengenal cara-cara menghadapi bencana alam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan yang signifikan. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, STAD

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2016 19:23
Last Modified: 26 Oct 2016 19:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13913

Actions (login required)

View Item View Item