UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS CERITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas IV MI Babakan Salam II Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut)

YOSEF PURNAMA JAYA, : 085060024 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS CERITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas IV MI Babakan Salam II Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover & Lembar Pengesahan.doc

Download (41kB)
[img] Text
Abstrak, Kata isi.doc

Download (80kB)
[img] Text
Bab 1.doc

Download (92kB)
[img] Text
Bab 2.doc

Download (114kB)
[img] Text
Bab 3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
Bab 4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
Bab 5.doc
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (80kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.doc
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan penguasaan keterampilan menulis, diharapkan siswa dapat mengungkapkan gagasan, pikiran, dan perasaannya setelah menjalani proses pembelajaran dalam berbagai jenis tulisan. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh sulitnya siswa dalam menggunakan media gambar seri dalam keterampilan menulis cerita. Berdasarkan latar belakang di atas peneliti merumuskan masalah penelitian sebagai berikut : “Apakah penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa kelas IV MI Babakan Salam II Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut“ ? Pembelajaran menulis cerita berdasarkan gambar seri merupakan suatu proses yang mencakup (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan tindakan pembelajaran, (3) observasi, (4) analisis dan refleksi. Fokus pembahasanya yaitu pelaksanaan pembelajaranm menulis cerita dengan menggunakan media gambar seri, tingkat pencapaian siswa dalam menulis cerita dengan menggunakan media gambar seri, dan penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita. Tingkat pencapaian siswa terhadap materi mengapresiasi cerita fiksi sudah cukup optimal, sebagaimana yang disebutkan pada bab III, kriteria sukses yang disepakati adalah setiap siswa harus memperoleh nilai 7,00. Hasil evaluasi setiap akhir pembelajaran menunjukkan bahwa pada pelaksanaan siklus 1 dapat dilihat pada lampiran..halaman..yakni nilai rata-rata kelas mencapai 63,38, secara klasikal ketuntasan belajar mencapai 32,25%, dan ketidaktuntasan belajar adalah 67,74%. Pada pelaksanan siklus 2 dapat dilihat pada lampiran..halaman..yakni nilai rata-rata kelas mencapai 69,03, secara klasikal ketuntasan belajar mencapai 61,29%, dan ketidaktuntasan belajar mencapai 38,71%. Pada siklus 3 dapat dilihat pada lampiran..halaman..yakni nilai rata-rata kelas mencapai 74,67, secara klasikal ketuntasan belajar mencapai 91,18%, dan ketidaktuntasan belajar tinggal 8,82%. Berdasarkan hasil evaluasi pada akhir pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri, ditemukan bahwa pada dasarnya penggunaan media gambar seri ini memiliki potensi yang cukup baik untuk meningkatkan keterampilan siswadalam menulis cerita. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata kelas hasil tes siswa yang dilaksanakan di akhir pembelajaran pada setiap siklus mengalami peningkatan yaitu siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Berdasarkan nilai rata-rata yang dicapai siswa pada setiap akhir pembelajaran tersebut dari siklus 1 hingga siklus 3 menunjukkan peningkatan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2016 15:00
Last Modified: 26 Oct 2016 15:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13900

Actions (login required)

View Item View Item