PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGENAI PERISTIWA BENDA PADAT DI DALAM AIR DI KELAS IV SDN PANYADAP 4 KECAMATAN SOLOKANJERUK KABUPATEN BANDUNG

EEN HERLINA, 085060039 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGENAI PERISTIWA BENDA PADAT DI DALAM AIR DI KELAS IV SDN PANYADAP 4 KECAMATAN SOLOKANJERUK KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
JUDUL SKRIPSI EEN HERLINA.doc

Download (91kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR EEN HERLINA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
BAB I EEN HERLINA.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB II EEN HERLINA.doc

Download (79kB)
[img] Text
BAB III EEN HERLINA.doc

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV EEN HERLINA.doc

Download (2MB)
[img] Text
BAB V EEN HERLINA.doc

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA EEN HERLINA.doc

Download (32kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP EEN HERLINA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)

Abstract

Dengan pembelajaran IPA, guru perlu menciptakan suatu proses pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa mengembangkan segala potensinya untuk membangun pengetahuan sendiri, melakukan manipulasi benda-benda kongkrit serta secara langsung dalam memecahkan masalah IPA, agar siswa memperoleh hasil belajar yang optimal. Kenyataan dilapangan guru melakukan proses pembelajarannya masih konvensional, sehingga merasa jenuh dan pelajaran menjadi membosankan (tidak menarik). Salah satu upayanya adalah melalui pendekatan konstruktivisme. Berdasarkan itu, dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi perencanaan penerapan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran IPA materi peristiwa benda padat di dalam air, 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi peristiwa benda padat di dalam air melalui pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa sekolah dasar kelas IV yang berjumlah 20 orang melalui belajar kelompok. Pengumpulan data dalam penelitian ini, dilakukan melalui observasi untuk mengamati minat dan aktivitas siswa, serta kegiatan guru yang muncul selama proses pembelajaran berlangsung. Wawancara dilaksanakan kepada guru observer dan siswa setiap akhir tindakan, catatan lapangan dibuat untuk mencatat hal-hal yang tidak terekam pada lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Siklus I aktivitas dan minat belajar siswa masih kurang dan mencapai nilai rata-rata untuk aktivitas siswa dalam melakukan percobaan 58.33%, aktivitas siswa selama proses pembelajaran 63.33%, kinerja guru 66.67%, hasil belajar siswa 45%. Siklus II aktivitas dan minat belajar siswa ada perubahan lebih baik mencapai nilai rata-rata untuk aktivitas siswa dalam melakukan percobaan 74.17%, aktivitas siswa selama proses pembelajaran 72.22%, kinerja guru 83.00%, hasil belajar siswa 75%. Sedangkan diSiklus III aktivitas dan minat belajar siswa meningkat lebih baik lagi mencapai nilai rata-rata untuk aktivitas siswa dalam melakukan percobaan 82.50%, aktivitas siswa selama proses pembelajaran 88.33%, kinerja guru 100%, hasil belajar siswa 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan, dengan penerapan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran IPA mengenai materi peristiwa benda padat di dalam air maka dapat meningkat hasil belajar siswa di Kelas IV SDN Panyadap 4 Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2016 18:00
Last Modified: 25 Oct 2016 18:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13895

Actions (login required)

View Item View Item