PENINGKATAN KEMAMPUA N MENGIDENTIFIKASI U NSUR CERITA RAKYAT DENGAN MENGGU NAKAN TEKNIK DENGAR – TULIS PADA SISWA KELAS V SDN KA MASAN I BANJARAN TAHUN PELAJARAN 2012 /2013

DIANA YULI, 085060112 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUA N MENGIDENTIFIKASI U NSUR CERITA RAKYAT DENGAN MENGGU NAKAN TEKNIK DENGAR – TULIS PADA SISWA KELAS V SDN KA MASAN I BANJARAN TAHUN PELAJARAN 2012 /2013. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
2. MOTTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ber tujuan untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pad a siswa kelas V SDN Kamasan I Banjaran denga n menggunakan teknik dengar - tulis . Hal tersebut berlata r bela kang dari kem ampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita dan kurangnya penggunaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pa da materi mengidentifikasi unsur cerita rakyat . Masalah dalam penelitian ini adalah. 1) Bagaimana kah perencanaa n pembelajaran mengide ntifikasi unsur cerita rakyat dengan menggunakan teknik dengar - tulis? 2) Bagaimana kah proses pelaksanaan pemb elajaran mengidentifikasi unsur cerita rakyat dengan menggunakan teknik dengar - tulis? 3) A pakah teknik dengar - tulis dapat menin gkatk an aktivitas be lajar siswa SDN Kamasan I Banjaran? 4) A pakah teknik dengar - tulis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kamasan I pada pembelajaran mengidentifikasi unsur cerita rakyat?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitia n ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengeta hui hasil belajar siswa dan non tes untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran . Instrumen penelit ian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, pedoman observasi Rencana Pelaksanaan Pe mbelajaran (RPP) dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran . Berd asarkan hasil penelitian, peneliti dapat me mperoleh hasil sebagai berik ut: 1) P erencanaan pem belajaran mengidentifikasi unsur cerita rakyat dengan menggunakan teknik dengar - tulis dilaksanakan dua sikus. Siklus I, rencana disu sun ber dasarkan cerita “Timun Mas” yang diperdengarkan me l alui alat rekam . siklus II, penyusunan re ncana disesua ikan dengan isi cerita “Titing dan Si Anak Yang Suka Mengeluh” . 2) P elaksanaan pembelajaran s iklus I, cerita yang diperdengarkan terlalu panjang sehingga mempengaruhi proses aktivitas dan waktu pelaksanaan. Siklus II, dengan isi cerita yang be rbeda dapat mengefisienkan waktu sehingga memberikan hasil yang optimal . 3) Teknik dengar - tulis dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran. Pada s iklus I , a ktivitas siswa cukup baik. Pada s iklus II, dengan mengganti cerita yang diperdengarkan . D engan demiki an, h asil pembelajaran mengidentifikasi siswa siklus I, memperoleh rata - rata nilai 45,64 (tunta s) . Pada siklus II meningkat menjadi 80 (tuntas) di atas nilai KKM (65 ) . Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkata n kemampuan mengidentifikasi unsur cerita rakyat dengan menggunakan teknik dengar - tulis pada siswa kelas V SDN Kamasan I Banjaran .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2016 14:29
Last Modified: 25 Oct 2016 14:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13884

Actions (login required)

View Item View Item