DEDY ARWANA, 085060135 (2016) PENGGUNAAN ALAT PERAGA BALOK GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA BILANGAN SATU ANGKA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Ranggawana Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Lembar Pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
Kata Pengantar dan Ucapan Terima Kasih.rtf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
Text
Moto.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
daftar Isi.docx Download (26kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
Abstract
Matematika adalah pelajaran yang diberikan pada semua jenjang pendidikan, oleh karena itu pembelajaran sejak dini khususnya di sekolah dasar sangat penting untuk bekal dijenjang berikutnya. Namun pada kenyataannya terdapat masalah dalam kelas yaitu guru tidak menggunakan alat peraga dan kurang memberikan kegiatan yang menarik untuk siswa. Balok garis bilangan merupakan suatu alat peraga yang menekankan pada partisifasi dan aktifitas siswa untuk lebih memahami perkalian dan pembagian bilangan satu angka. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Ranggawana Indramayu dengan waktu penelitian dari tanggal 13 Mei 2012 sampai dengan 11 Agustus 2012. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan satu angka dengan menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat nilai di atas KKM yaitu 60. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 persentase siswa yang tuntas sebesar 50%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 67,8%. Dan pada siklus III sebanyak 89,3%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dengan menggunakan alat peraga balok garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan satu angka. Kata kunci: balok garis bilangan, hasil belajar, matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 13:01 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 13:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13874 |
Actions (login required)
View Item |