UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PETUNJUK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri Baturengat II Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung)

ROSMALA SOLIHAH, 085060046 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PETUNJUK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri Baturengat II Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (48kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
MOTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
bab 1-5.docx

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “upaya meningkatkan kemampuan menulis petunjuk pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Demonstrasi” bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan motede pembelajaran Demonstrasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan hanya dengan menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran, siswa hanya diperlakukan sebagai objek yang duduk rapih memperhatikan guru yang sedang menerangkan. Hal ini memberikan gambaran bahwa sebagai guru selain harus mentransfer ilmu kepada siswa juga harus membuat suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga pembelajaran dapat lebih bermakna dan materi pelajaran akan lebih mudah diterima oleh siswa. Upaya yang dilakukan guru untuk dapat meningkatkan aktivitas siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan alur (1) pelaksanaan dituangkan dalam rencana pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran diawali dengan post tes (3) observasi dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung (4) refleksi dilakukan untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang terjadi dalam pembelajaran agar tidak terulang kembali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Baturengat II dengan jumlah siswa 25, yaitu 10 orang laki-laki, dan 15 orang perempuan. Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi, tes, wawancara, dan angket skala sikap. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi yang dilakukan selama dua siklus menunjukkan peningkatan kemampuan siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Siswa juga menunjukkan sikap positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Dengan demikian pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru untuk melakukan proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 24 Oct 2016 14:26
Last Modified: 24 Oct 2016 14:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13867

Actions (login required)

View Item View Item