Iwan Kurniawan, NPM. 128612029 (2014) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA EDMODO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
1 cover TESIS.docx Download (81kB) |
|
Text
ABSTRACT.docx Download (18kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I & II.docx Download (264kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik memakai media edmodo dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional dilihat dari kelas pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematika (KAM). Penelitian ini juga untuk membandingkan kemandirian belajar antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik memakai media edmodo dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Terakhir penelitian ini untuk melihat sikap peserta didik setelah penerapan Edmodo. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen, dengan sampel sebanyak dua kelas terdiri dari VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data penelitian diambil dari hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket kemandirian dan angket sikap peserta didik. Untuk mengetahui perbandingan diantara kedua sampel tersebut digunakan uji t dan Anava dua jalur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik antara yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik memakai media edmodo lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik antara yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik memakai media edmodo lebih baik jika dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional dilihat dari kemampuan awal peserta didik (unggul dan asor), 3) Tidak terdapat interaksi antara kelas pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, 4) Terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar peserta didik dalam matematika antara yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik memakai media edmodo dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional, 5) Sikap peserta didik positif setelah peerapan Edmodo dalam pembelajaran matematika Kata kunci : Pendektan Saintifik, Edmodo, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | S2-Thesis |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 15 Oct 2016 15:01 |
Last Modified: | 15 Oct 2016 15:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13828 |
Actions (login required)
View Item |