PENGARUH FAMILY OWNERSHIP, AGENCY COST DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverages yang terdaftar di BEI 2009-2013)

Angga Prana Maulana, 094020063 (2015) PENGARUH FAMILY OWNERSHIP, AGENCY COST DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverages yang terdaftar di BEI 2009-2013). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK DAN RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SIDANG REVISI.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Setiap perusahaan pada umumnya memiliki tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Salah satu tujuan jangka panjang perusahaan yaitu meningkatkan nilai perusahaan. Dimana, nilai perusahaan merupakan hal yang penting, karena tingginya nilai perusahaan akan diikuti dengan peningkatan kemakmuran pemegang saham. Manajemen keuangan memiliki tujuan utama untuk memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham (nilai perusahaan). Harga saham yang diperjualbelikan di bursa merupakan indikator nilai perusahaan bagi perusahaan terbuka yang menerbitkan saham di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh family ownership, agency cost dan investment opportunity set terhadap nilai perusahaan manufaktur sub sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah asumsi klasik, korelasi, regresi, dan koefisien determinasi, sedangkan pengujian hipotesis yang digunakan adalah metode statistik uji t dan uji F dengan bantuan software IBM SPSS 20.0 for windows. Sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling adalah sebanyak 13 sampel yang termasuk kategori perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang sahamnya tercatat di BEI dan yang mempublikasikan laporan keuangan tahunannya secara terus menerus dari tahun 2009-2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan ICMD tahun 2009-2013 yang diperoleh dari Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) BEI. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) family ownership berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) agency cost berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) investment opportunity set berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (4) secara simultan family ownership, agency cost dan investment opportunity set memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Family Ownership, Agency Cost, Investment Opportunity Set, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2009
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 24 Mar 2016 04:48
Last Modified: 24 Mar 2016 04:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item