PENGARUH ETIKA PROFESI DAN PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Terhadap 5 Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

WIRA WIDIYA NINGSIH, 114020147 (2016) PENGARUH ETIKA PROFESI DAN PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Terhadap 5 Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Etika Profesi dan Profesionalisme Auditor Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui etika profesi, profesionalisme auditor dan pertimbangan tingkat materialitas pada lima Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh etika profesi dan profesionalisme auditor secara parsial dan simultan terhadap pertimbangan tingkat materialitas. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan asosiatif dengan menggunakan data primer. Populasi pada penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada lima Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung. Sampel yang digunakan yaitu mengambil populasi sebagai responden yang berjumlah 44 orang. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis korelasi parsial pearson product moment, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, uji parsial dan uji simultan, serta koefisien determinasi parsial dan simultan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa etika profesi dan profesionalisme auditor berpengaruh terhadap pertimbangan tingkat materialitas. Besarnya pengaruh Etika Profesi secara parsial memberikan pengaruh sebesar 26,6% terhadap pertimbangan tingkat materialitas pada Kantor Akuntan Publik yang ada di Kota Bandung, dan Profesionalisme Auditor secara parsial memberikan pengaruh sebesar 30% terhadap pertimbangan tingkat materialitas pada Kantor Akuntan Publik yang ada di Kota Bandung. Secara simultan Etika Profesi dan Profesionalisme Auditor berpengaruh terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas, dan besar pengaruhnya sebesar 56,6% sedangkan sisanya 43,4% dipengaruhi variabel yang tidak diteliti yaitu pengetahuan mendeteksi kekeliruan dan pengalaman auditor. Kata Kunci : Etika Profesi, Profesionalisme Auditor dan Pertimbangan Tingkat Materialitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 12 Oct 2016 17:51
Last Modified: 12 Oct 2016 17:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13763

Actions (login required)

View Item View Item