PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (SAKIP) TERHADAP PENERAPAN GOOD GOVERNANCE (Suatu Studi pada Badan Pengkajian Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri Wilayah Bandung)

Dini Giantini, 104020369 (2016) PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (SAKIP) TERHADAP PENERAPAN GOOD GOVERNANCE (Suatu Studi pada Badan Pengkajian Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri Wilayah Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pemerintah Indonesia dihadapkan pada kenyataan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap kinerja pemerintah, salah satunya yaitu tuntutan untuk terwujudnya tata kelola kepemerintahan yang baik yang selanjutnya disebut good governance. Hal tersebut dapat dicapai salah satunya dengan mengimplementasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada instansi pemerintah. Dengan demikian, tidak hanya memastikan peningkatan kinerja, juga menciptakan suatu lingkungan yang dapat mendorong dan memonitor terwujudnya akuntabilitas. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) terhadap penerapan good governance. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan tujuan untuk membuat suatu uraian secara sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat dari objek yang diteliti kemudian menggabungkan antar variabel yang terlibat di dalamnya. Penelitian ini dilakukan pada Satuan Kerja di bawah naungan Badan Pengkajian Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri, wilayah Bandung dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Uji validitas dan reabilitas menggunakan korelasi Product Moment dan Cronbach’s Alpha. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), pengaruh sebesar 54,8% terhadap penerapan good governance. Sedangkan sisanya sebesar 45,2% merupakan pengaruh faktor lain diluar implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), seperti kemimpinan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta metode kerja kebijakan dan pengendalian manajemen. Kata Kunci: Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Penerapan Good Governance

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2010
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 12 Oct 2016 15:23
Last Modified: 12 Oct 2016 15:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13756

Actions (login required)

View Item View Item