PENGARUH PROFITABILITAS, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris pada Perusahaan Automotive yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

NURHAYATI, 144020343 (2016) PENGARUH PROFITABILITAS, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris pada Perusahaan Automotive yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER DRAFT.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh besarnya profitabilitas, investment opportunity set (IOS), pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan automotive yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2014. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data sekunder. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi,korelasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya populasi penelitian adalah dua belas perusahaan automotive yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama enam tahun (2009-2014) dengan sumber data yang diperoleh melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial profitabilitas dan investment opportunity set (IOS) berpengaruh terhadap kebijakan dividen sedangkan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Besarnya pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen sebesar 32% sedangkan pengaruh investment opportunity set (IOS) terhadap kebijakan dividen sebesar 12,5%. Secara simultan profitabilitas, investment opportunity set (IOS), pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan dividen sebesar 41,1% sedangkan sisanya yaitu sebesar 58,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti likuiditas, kemampuan perusahaan untuk meminjam, nilai informasi dividen, dan pengendalian perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, Investment Opportunity Set (IOS), Pertumbuhan Perusahaan, dan Kebijakan Dividen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2014
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 07 Oct 2016 18:40
Last Modified: 07 Oct 2016 18:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13690

Actions (login required)

View Item View Item