PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada PT. Bank Mandiri)

MUHAMMAD HANIF, 104020488 (2015) PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada PT. Bank Mandiri). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER, DAFTAR ISI, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sistem pengendalian intern dan good corporate governance terhadap kualitas laporan keuangan pada PT. Bank Mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kausalitas, populasi dalam penelitian ini terdiri dari bagian spi, good corporate governance dan bagian akuntansi. Tekhnik sampling yang digunakan adalah noprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, karena semua anggota populasi dijadikan sampel denga jumlah responden sebanyak 115 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menguji validitas dan reliabilitas instrumen, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode analisis jalur (path analysist). Setelah dilakukan peneltitian dan melalui proses analisis data diperoleh hasil bahwa secara parsial sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan memiliki pengaruh yang signifikan, yaitu sebesar 15,2% dan variabel good corporate governance memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 26,3%. Sedagkan secara simultan kedua variabel tersebut memiliki pengaruh sebesar 41,5% terhadap kualitas laporan keuangan dan 58,5% lainnya berasal dari faktor – fakor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis juga didapatkan persamaan jalur: Y = 0,381 X1 + 0,507 X2 + 0,585ε Kata Kunci : Sistem Pengendalian Intern, Good Corporate Governance dan Kualitas Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Dokumen Unpas > 2010
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 07 Oct 2016 18:04
Last Modified: 07 Oct 2016 18:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13681

Actions (login required)

View Item View Item