PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Peserta CGPI yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Iin Indrayani, 134020362 (2016) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Peserta CGPI yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER iin.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak iin.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA. iin.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

BSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh good corporate governance dan profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan peserta CGPI yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi empiris dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan peserta CGPI yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode tahun 2009-2013. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan 11 perusahaan sebagai sampel penelitian, sebelas perusahaan yang menjadi sampel adalah perusahaan yang secara berturut-turut menjadi peserta CGPI dan terdaftar di BEI. Hasil penelitian menunjukan bahwa good corporate governance dan profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap manajemen laba pada perusahaan peserta CGPI yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2009-2013. Good corporate governance dan Profitabilitas secara simultan memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 13,1% terhadap manajemen laba pada perusahaan peserta CGPI yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan sisanya yaitu 100% − 13,1% = 86,9% lainnya dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel yang diteliti dalam penelitian ini seperti leverage, ukuran perusahaan, asimetri informasi, nilai perusahaan dan lain-lain. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwan good corporate governance dan profitabilitas berpengaruh secara parsial terhadap manajemen laba. Good corporate governance memberikan pengaruh sebesar 5,0% terhadap manajemen laba pada perusahaan peserta CGPI yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2009-2013 dan profitabilitas memberikan pengaruh sebesar 8,1% terhadap manajemen laba pada perusahaan peserta CGPI yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2009-2013 Kata Kunci: Good Corporate Governance, Profitabilitas, Manajemen Laba

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 07 Oct 2016 14:35
Last Modified: 07 Oct 2016 14:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13669

Actions (login required)

View Item View Item