PENGARUH DEBT DEFAULT DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2013)

Anden Dery Kurniawan, 104020281 (2015) PENGARUH DEBT DEFAULT DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2013). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER OUTLINE.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Opini audit going concern yang diterima oleh sebuah perusahaan menunjukkan adanya kondisi dan peristiwa yang menimbulkan keraguan auditor akan kelangsungan hidup perusahaan. Opini audit going concern dapat digunakan sebagai peringatan awal bagi para pengguna laporan keuangan guna menghindari kesalahan dalam pembuatan keputusan. Beberapa penelitian mengenai faktorfaktor yang mempengaruhi terhadap opini audit going concern telah dilakukan. Namun, hasil penelitian tersebut masih menunjukkan ketidakkonsistenan. Penelitian ini bertujuan menguji kembali faktor-faktor yang berpengaruh terhadap opini audit going concern. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini lebih memfokuskan pada faktor debt default dan financial distress. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh debt default dan financial distress terhadap opini audit going concern. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013 sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil purposive sampling diperoleh 13 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistik. Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukan bahwa debt default berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern. Sedangkan financial distress tidak berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern, namun dengan arah koefisien yang negatif artinya semakin kecil nilai Zscorenya maka semakin besar terhadap penerimaan opini audit going concern. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan menunjukan bahwa debt default dan financial distress secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern. Kata kunci : Debt Default, Financial Distress, Opini Audit Going Concern.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2010
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 07 Oct 2016 14:17
Last Modified: 07 Oct 2016 14:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13666

Actions (login required)

View Item View Item