PENGARUH ETIKA AUDIT TERHADAP KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDITOR MELALUI SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR (Survey Pada 6 KAP di Kota Bandung)

NURANI PRAGITA, 104020032 (2015) PENGARUH ETIKA AUDIT TERHADAP KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDITOR MELALUI SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR (Survey Pada 6 KAP di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dari variabel etika audit dan skeptisisme profesional auditor terhadap ketepatan pemberian opini auditor serta pengaruh tidak langsung antara variabel etika audit terhadap ketepatan pemberian opini auditor melalui skeptisisme profesional auditor. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi pada penelitian ini adalah auditor yang bekerja di enam Kantor Akuntan Publik di kota Bandung yaitu pada KAP Djoemarma, Wahyudin & Rekan. KAP Prof. Dr. H. Tb. Hasanuddin, M,Sc & Rekan, KAP. Drs. Ronald Haryanto, KAP.Karel, Widyarto, KAP. Moch Zainudin, Sukamadi & Rekan, KAP Dr.H.E.R. Suhardjadinata & Rekan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin berjumlah 54 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif verifikatif karena ada variabel yang akan dijelaskan dan ditelaah seberapa besar pengaruh dari variabel tersebut. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik structural equation modeling (SEM) dengan metode alternatif partial least square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 2.0. selain itu, untuk hipotesis dilakukan uji Sobel test untuk menguji hubungan variabel intervening yang ada di dalam hipotesis tersebut. Hasil dari penelitian ini memberikan bukti bahwa etika audit berpengaruh terhadap skeptisisme profesional pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung. etika audit memberikan pengaruh sebesar 49,9% terhadap skeptisisme professional,skeptisisme profesional berpengaruh terhadap ketepatan pemberian opini auditor pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung, skeptisisme professional memberikan pengaruh sebesar 9,8% terhadap ketepatan pemberian opini auditor, etika berpengaruh terhadap ketepatan pemberian opini auditor pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung. etika audit memberikan pengaruh sebesar 35,3% terhadap ketepatan pemberian opini auditor, etika audit berpengaruh terhadap Kantor Akuntan Publik melalui skeptisisme profesional, etika audit juga berpengaruh terhadap ketepatan pemberian opini auditor. Secara tidak langsung melalui skeptisisme profesional, etika audit memberikan pengaruh sebesar 22,1% terhadap ketepatan pemberian opini auditor. Kata Kunci : Etika Audit, Skeptisisme Profesional Auditor, Ketepatan Pemberian Opini Auditor

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2010
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 07 Oct 2016 13:17
Last Modified: 07 Oct 2016 13:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13655

Actions (login required)

View Item View Item