PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN RITMIK DI SMP YAYASAN AMAL KELUARGA PARONGPONG BANDUNG. Chandra Wiguna 086040058

Chandra Wiguna (2016) PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN RITMIK DI SMP YAYASAN AMAL KELUARGA PARONGPONG BANDUNG. Chandra Wiguna 086040058. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
(1) Cover.docx

Download (26kB)
[img] Text
(4) Abstrak.docx

Download (19kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengujicobakan salah satu bentuk pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan Cooperative Learning tipe STAD dalam pembelajaran ritmik. Dalam penelitian ini didapatkan rumusan masalah mengenai apakah Cooperative Learning tipe STAD dapat memberikan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran ritmik di SMP Yayasan Amal Keluarga Parongpong Bandung, dan seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran ritmik setelah menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bertujuan untuk mengujicobakan suatu bentuk pendekatan pembelajaran. Hasil dari sebuah pembelajaran yang dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tentunya akan memberikan hasil yang berbeda pada kemampuan masing-masing peserta didik dalam memahami materi. Begitu pula yang terjadi pada pembelajaran ritmik di SMP Yayasan Amal Keluarga Parongpong Bandung, setelah diterapkannya pendekatan Cooperative Learning tipe STAD, ada perubahan pada kemampuan peserta didik dalam memahami materi ritmik. Hal tersebut terlihat dari peningkatan nilai pada tes akhir. Hasil temuan pada penelitian ini mengungkapkan lahirnya pandangan bahwa pengajaran oleh teman pada saat belajar kelompok secara kooperatif ternyata mampu untuk meningkatkan pemahaman pada kemampuan peserta didik dalam memahami materi ritmik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2013
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 05 Oct 2016 18:40
Last Modified: 05 Oct 2016 18:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13624

Actions (login required)

View Item View Item