STUDI MINAT MUSIK JAZZ DI KALANGAN MAHASISWA COMBO I PROGRAM STUDI SENI MUSIK FAKULTAS ILMU SENI DAN SASTRA UNIVERSITAS PASUNDAN. Nagara Belagama Syafiie 076040088

Nagara Belagama Syafiie dan Dien Faqri Iqbal dan Ahmad Hidayat (2016) STUDI MINAT MUSIK JAZZ DI KALANGAN MAHASISWA COMBO I PROGRAM STUDI SENI MUSIK FAKULTAS ILMU SENI DAN SASTRA UNIVERSITAS PASUNDAN. Nagara Belagama Syafiie 076040088. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
Cover, Abstrak, dll.doc

Download (78kB)
[img] Text
BAB I - IV dan Lampiran.doc

Download (521kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (12kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Dilihat dari sudut pandang industrialisasi dan konsumsi masyarakat terhadap musik Jazz sebenarnya prospek perkembangan musik Jazz tidak sebaik musik Pop di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil penjualan musik Jazz yang secara kuanitas terlihat berbeda secara signifikan dengan musik Pop. Minimnya sosialisasi terhadap musik Jazz merupakan salah satu faktor penyebab kurangnya minat masyarakat terhadap Jazz. Seperti diketahui bahwa perkembangan musik Jazz dalam perusahaan produksi rekaman seperti mayor lebel sangat jarang memproduksi band-band dengan genre Jazz. Adapun produksi musik Jazz biasanya bersifat independen tanpa bergantung pada perusahaan mayor lebel. Atas dasar ini peneliti memilih judul Studi Minat Musik Jazz di Kalangan Mahasiswa Combo I Program Studi Seni Musik Fakultas Ilmu Seni dan Sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh (influence) minat mahasiswa terhadap musik Jazz selama mengikuti matakuliah Combo I serta mengetahui seberapa berminat mahasiswa terhadap musik Jazz sebelum mengikuti matakuliah Combo I. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus yang berorientasi pada perpektif interaksionisme simbolik terhadap mahasiswa dengan berbagai spesialisasi instrument, diantaranya adalah instrumen: Kecapi, Piano, Gitar, dan Drum. Peneliti sengaja memilih mahasiswa dari berbagai instrument yang berbeda dengan harapan menemukan berbagai perspektif yang berbeda dari para responden. Bogdan dan Taylor (1990) menjelaskan bahwa penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati oleh peneliti. Dalam hal ini peneliti menyajikan data hasil wawancara dalam lembar lampiran kemudian dianalisah serta dibahas pada Bab IV dengan menggunakan Landasan Teori yang peneliti sajikan pada Bab II. Sumadi Suryabrata (1981) membagi minat seseorang kedalam dua bentuk. Pertama adalah minat intrinsik yaitu minat yang timbul dalam diri seseorang, Kedua adalah minat ekstrinsik yaitu minat yang timbul diluar lingkup seseorang. Berdasarkan teori tersebut peneliti menemukan fakta dilapangan bahwa minat intrinsik terhadap musik Jazz timbul karena dorongan rasa penasaran, rasa tertantang, dan ide-ide untuk menemukan hal baru dalam berkarya. Sedangkan minat ekstrinsik disebabkan karena adanya “peran” dan kewajiban (Personal Importance) responden yang dalam hal ini adalah mahasiswa Seni Musik UNPAS dalam menyelesaikan studinya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2015
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 05 Oct 2016 12:47
Last Modified: 05 Oct 2016 12:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13610

Actions (login required)

View Item View Item