PENERAPAN TEKNIK INTRATASK VARIATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN MEMPERMUDAH SISWA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MEMBACA POLA RITME. Hery Safari 08.6040035

Hery Safari dan Ridwan Sigit dan Rosikin WK (2016) PENERAPAN TEKNIK INTRATASK VARIATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN MEMPERMUDAH SISWA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MEMBACA POLA RITME. Hery Safari 08.6040035. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
Cover.docx

Download (25kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I LATAR BELAKANG.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.docx

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

PENERAPAN TEKNIK INTRATASK VARIATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN MEMPERMUDAH SISWA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MEMBACA POLA RITME Dalam penelitian ini menunjukan bahwa, penerapan teknik intartask variation pada aktivitas pembelajaran membaca pola ritme dapat mempermudah dan meningkatkan kemampuan siswa dalam aktivitas pembelajaran membaca pola ritme. Hal tersebut terlihatnya dari antusiasme dan keaktifan siswa dalam aktivitas pembelajaran dari hasil angket yang diberikan untuk mengetahui respon siswa. Selain itu terjadi peningkatan skor kemampuan siswa dalam mempraktekan 4 soal tes membaca pola ritme. Nilai rata-rata tindakan I sebesar 73,5 % dan nilai rata-rata pada tindakan II sebesar 84,1 % . Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkan sebesar 14,4%. Pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (action research). Tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setelah melakukan akhir dari tindakan dari siklus tersebut, peneliti melakukan pengamatan dan refleksi. Kemudian melakukan revisi perencanaan untuk melakukan tindakan pada siklus berikutnya. Dalam aktivitas pembelajaran ini peneliti menggunakan metode ceramah plus demonstrasi dan pelatihan pada saat peneliti membahas dan menyampaikan materi hubungan korelasi nilai bentuk dan not kepada siswa. Teknik intrtask variation dterapkan pada saat siswa melaksanakan praktek membaca pola ritme. Penelitian dilakukan secara kolaborator bersama guru disekolah tersebut. Pengumpulan data diperoleh dari hasil kemampuan siswa dalam mempraktekan membaca pola ritmik dari hasil nilai tes. Selain itu data juga diperoleh dari dokumentasi, angket serta pedoman observasi. Pengumpulan data tersebut diananlisis secara kolaboratif dengan menentukan skor rata-rata siswa. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan dan mempermudah kemampuan siswa pada aktivitas pembelajaran membaca pola ritmik Rhytm Syllables pada siswa kelas IX di SMPIT Anni’mah yang bertempat di Margahayu Bandung. Sebelum tindakan ini dilaksanakan, terdapat gejala siswa mengalami kesulitan dalam belajar membaca pola ritme.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2014
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 04 Oct 2016 15:41
Last Modified: 04 Oct 2016 15:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13602

Actions (login required)

View Item View Item