PENGARUH STOCK SPLIT TERHADAP HARGA SAHAM, RETURN SAHAM DAN TRADING VOLUME ACTIVITY (TVA) (Suatu Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI )

Adji Jagad Nugroho, 094020349 (2015) PENGARUH STOCK SPLIT TERHADAP HARGA SAHAM, RETURN SAHAM DAN TRADING VOLUME ACTIVITY (TVA) (Suatu Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI ). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Abstrak Stock split merupakan salah satu bentuk corporate action yang biasa dilakukan perusahaan untuk menurunkan harga sahamnya, dimana perusahaan memecah lembar sahamnya menjadi lebih banyak diikuti dengan penurunan harga saham secara proporsional. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah stock split menimbulkan perbedaan harga saham, return saham, dan trading volume activity (TVA) disekitar tanggal kejadian. Penelitian ini menggunakan event study, dimana dilakukan pengamatan terhadap rata-rata harga saham, return saham, trading volume activity (TVA) selama sepuluh hari sebelum dan sesudah pengumuman. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari www.sahamok.com dan finance.yahoo.com. Sampel yang digunakan berjumlah 15 perusahaan yang merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dan melakukan stock split selama periode 2010 – 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda paired sample t-test dan wilcoxon signed test. Uji paired sample t-test digunakan jika variabel terdistribusi normal dan uji wilcoxon signed test digunakan jika data berdistribusi tidak normal. Hasil pengujian menunjukan bahwa H1 dan H3 diterima yang berarti stock split menimbulkan perbedaan harga saham dan trading volume activity (TVA) disekitar tanggal kejadian. Sedangkan hasil pengujian untuk H2 ditolak, yang artinya stock split tidak menimbulkan perbedaan return saham disekitar tanggal kejadian. Kata kunci : stock split, harga saham, return saham, dan trading volume activity (TVA)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2009
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 03 Oct 2016 15:27
Last Modified: 03 Oct 2016 15:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13581

Actions (login required)

View Item View Item