PENGARUH PENERAPAN ETIKA DAN SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR TERHADAP PENDETEKSIAN KECURANGAN (Survey Pada 9 Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Mila Ristalia, 114020273 (2015) PENGARUH PENERAPAN ETIKA DAN SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR TERHADAP PENDETEKSIAN KECURANGAN (Survey Pada 9 Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
A) COVER.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C) ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I) BAB 1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
J) BAB II.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
N)12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasil audit yang berkualitas dapat memberikan tingkat kepercayaan yang tinggi bagi para pengambil keputusan yang berkenaan dengan informasi keuangan yang disajikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan etika dan skeptisisme profesional auditor terhadap pendeteksian kecurangan. Dengan etika dan skeptisisme profesional auditor yang dimiliki, diharapkan auditor dapat mendeteksi kecurangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada sembilan Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung dengan responden sebanyak 58 auditor. Dengan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik, melalui program SPSS maka diperoleh data yang reliable dan valid. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif asosiatif karena ada variabel yang akan dijelaskan dan ditelaah mengenai seberapa besar pengaruh dari variabel tersebut. Analisis data statistik menggunakan statistik regresi, korelasi, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Dari perhitungan koefisien korelasi diperoleh besarnya korelasi antara penerapan etika dan skeptisisme profesional auditor dengan pendeteksian kecurangan sebesar 0,923 yang diinterprestasikan “sangat kuat”. Selain itu hasil koefisien determinasi sebesar 65,8% menunjukan bahwa secara parsial penerapan etika memberikan kontribusi pengaruh 65,8% terhadap pendeteksian kecurangan, sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 19,5% menunjukan bahwa secara parsial skeptisisme profesional auditor memberikan kontribusi pengaruh sebesar 19,5% terhadap pendeteksian kecurangan. Hasil koefisien determinasi sebesar 85,3% menunjukan bahwa secara simultan penerapan etika dan skeptisisme profesional auditor memberikan kontribusi pengaruh sebesar 85,3% terhadap pendeteksian kecurangan, sedangkan sebanyak 14,7% merupakan pengaruh faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Penerapan Etika, Skeptisisme Profesional Auditor, Pendeteksian Kecurangan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 03 Oct 2016 15:01
Last Modified: 03 Oct 2016 15:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13576

Actions (login required)

View Item View Item