FENOMENA LINE MESSENGER DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG Studi Fenomenologi Mengenai Line Messengers di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Bandung

FAHMI ANWAR, 122050317 (2016) FENOMENA LINE MESSENGER DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG Studi Fenomenologi Mengenai Line Messengers di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Latar belakang dan motif penggunaan Line Messenger dengan menjawab tujuan penelitian yang terdiri dari Fenomena dan Noumena pada penggunaan Line Messenger di kalangan Mahasiswa Universitas Islam Bandung Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Islam Bandung. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah berjumlah 10 orang. Untuk meneliti fenomena ini menggunakan pendekatan Fenomenologi dengan Metode Kualitatif yaitu suatu metode yang dilakukan untuk mendeskripsikan suatu situasi atau area populasi tertentu yang bersifat faktual secara sistematis dan akurat. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah Wawancara, Studi literature, Penelusuran data online.. Hasil penelitian yang didapatkan ialah latar belakang mahasiswa menggunakan Line Messenger yaitu sebagai alat komunikasi, tetapi informan pun banyak menggunakan dikarenakan gaya hidup, bisa sebagai alat bisnis, alat hiburan, dan aksesnya pun cepat. Dengan metode fenomenologi ini, peneliti memasuki sudut pandang informan dan berupaya memahami mereka. Peneliti tidak hanya melihat sisi perspektif para informan saja, namun juga berusaha memahami kerangka yang telah dibentuk masing masing individu, dari waktu ke waktu, hingga membentuk tanggapan mereka terhadap peristiwa dan pengalaman mereka dalam kehidupannya yang sehubungan dengan penggunaan aplikasi Line Messenger Dalam kesimpulan akhir, dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh teknologi dan kecenderungan penggunaan internet telah menjadi gaya hidup dikalangan Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Dengan fasilitas teknologi handphone seperti Smartphone yang menggunakan aplikasi Instant Messaging nya membuat kecenderungan Mahasiswa lebih mudah mengakses data kapan pun. Banyak mahasiswa di Universitas Islam Bandung menggunakan Line Messenger hanya untuk hiburan semata. Saran Bagi Peneliti Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi peneliti dalam Bidang Ilmu Komunikasi khususnya dalam perkembangan teknologi komunikasi. Jangan jadikan Line Messenger ini sebagai gaya hidup tapi jadikanlah aplikasi ini sebagai suatu kebutuhan sekunder sebagai alat komunikasi kita.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 03 Oct 2016 14:28
Last Modified: 03 Oct 2016 14:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13567

Actions (login required)

View Item View Item