ANALISIS PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA BIDANG SUMBER DAYA KESEHATAN DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA BARAT

Novi Nuryanti, NPM. 148010072 (2016) ANALISIS PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA BIDANG SUMBER DAYA KESEHATAN DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img]
Preview
Text
TESIS ANALISIS SIM DAN EFEKTIF KINERJA PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
cover.docx

Download (64kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I & II.docx

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok, yaitu Efektivitas Kerja Pegawai rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh belum dijalankannya Faktor- faktor Sistem Informasi Manajemen secara menyeluruh pada Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Pendekatan dalam penelitian ini tentang Sistem Informasi Manajemen dan Efektivitas Kerja Pegawai dilihat dari konteks kebijakan publik dan administrasi publik sebagai teori induknya untuk mengembangkan khasanah Ilmu Administrasi Publik. Metode penelitian yang digunakan, metode explanatory survey. Metode ini digunakan untuk menjelaskan fenomena sosial yang dalam hal ini digunakan untuk meneliti pengaruh Sistem Informasi Manajemen (X) sebagai variabel bebas terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui penggunaan Metode Analisis Jalur (Path Analysis) yang dimaksudkan untuk mengetahui besaran pengaruh variabel Sistem Informasi Manajemen terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat secara simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, pengaruh Sistem Informasi Manajemen (X) terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Y) sebesar 63,50%. Adapun pengaruh variabel lain () terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Y) sebesar 36,50%. Sedangkan secara parsial, pengaruh Sistem Informasi Manajemen (X) yang terdiri dari empat Faktor Sistem Informasi Manajemen yang meliputi: Faktor Kualitas Sistem (X1) berpengaruh positif terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Y) sebesar 31,95%, Faktor Kualitas Informasi (X2) berpengaruh positif terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Y) sebesar 21,13%, Faktor Penggunaan (X3) berpengaruh negatif terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Y) sebesar -1,69% dan Faktor Kepuasan Pemakai (X4) berpengaruh positif terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Y) sebesar 12,11%. Dari ke empat faktor Sistem Informasi Manajemen yang memberikan pengaruh dominan secara parsial terhadap Efektivitas Kerja Pegawai, yaitu Faktor Kualitas Sistem (X1) berpengaruh positif terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Y) sebesar 31,95%. Selanjutnya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen berpengaruh positif terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Bahwa secara menyeluruh Sistem Informasi Manajemen telah dilaksanakan dan dijalankan sesuai dengan ukuran-ukuran Efektivitas Kerja Pegawai.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Oct 2016 14:58
Last Modified: 07 Jan 2017 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13514

Actions (login required)

View Item View Item