“REBRANDING KOTA CIREBON” Hari Agung Fachruuddin 116010002

HARI AGUNG FACHRUDDIN DAN FADHLI ABDILLAH DAN ERNA NURMALINDA (2016) “REBRANDING KOTA CIREBON” Hari Agung Fachruuddin 116010002. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img] Text
cover dan lembar pengesahan.docx

Download (84kB)
[img] Text
kata pengantar, Abstrak dan daftar isi.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (16kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Masyarakat asli kota Cirebon adalah rakyat nelayan dan kerajaan, seiring berkembangnya zaman pendatang semakin banyak untuk menetap di kota Cirebon yang menjadikan cierbon sebagai pusat dari kota pendukung seperti majalengka, indramayu dan kuningan. Cirebon memiliki ragam tradisi yang membentuk hasil kebudayaan, seperti bahasa, kesenian, tradisi, religi, kuliner dan bangunan cagar budaya. Dalam empat tahun terakhir mengalami peningkatan pengunjung yang bersal dari kota Jakarta dan Bandung sebagai pengunjung terbanyak. Kota Cirebon membutuhan Brand (pembeda, nama, istilah simbol) sebagai wadah dari semua produk yang ada di kota Cirebon yang akan menimbulkan citra pada pengunjung kota citra. Brand tersebut harus di kenalkan kepada masyarakat dan pengunjung kota Cirebon dengan penggunaan media yang tepat. Pada tahun 2010 pembuatan brand sudah pernah di lakukan yaitu “the gate of secret” yang artinya masih banyak rahasia di kota Cirebon yang terpendam. Setelah penulis melakukan riset (random) upaya pengenalan the gate of secret di lapangan pada 100 responden 34% masyarakat mengatakan tidak mengetahui, 30% mengatakan tidak efektif, 14 % mengatakan kurang, 18% mengatakan efektif dan 4% mengatakan kurang. Data lapangan membuktikan upaya branding yang sudah di lakukan kurang efektif dengan 80% mengatakan perlu di lakukannya Rebranding. Cirebon unik adalah brand baru yang di tawarkan pada kota Cirebon, Arti unik sendiri dalam Bahasa Indonesia adalah “sesuatu yang beda dari pada yang lain” yang artinya bahwa Cirebon memiliki banyak pembeda dari pada kota kota lain seperti bahasa, kesenian, tradisi, kuliner dan religi yang sudah di kenal identitasnya sehingga lebih mudah untuk membentuk citra kota Cirebon. Pemilihan kata “Unik” di ambil agar lebih mudah dipahami oleh target primer (Majalengka, Kuningan, Indramayu) dan sekunder (Cirebon).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2016
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 01 Oct 2016 14:25
Last Modified: 01 Oct 2016 14:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13506

Actions (login required)

View Item View Item